Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Galaxy A22 dan A32 Bisa Terhubung Jaringan 5G Telkomsel

Kompas.com - 30/09/2021, 11:08 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Duo ponsel Galaxy A-Series Samsung yang belum lama ini dirilis di Indonesia, Galaxy A22 5G dan A32 5G, dipastikan sudah bisa digunakan untuk menikmati layanan 5G dari Telkomsel.

Hal itu disampaikan oleh Product Marketing Manager, Samsung Electronics Indonesia (SEIN), Irfan Rinaldi. Menurut Irfan, pengguna kedua ponsel 5G tersebut bisa memperbarui perangkat lunak (software) ponsel secara over the air (OTA).

"Dengan satu langkah memperbarui (update) software versi AUH1 untuk Galaxy A22 5G dan versi AUH4 untuk Galaxy A32 5G, pengguna kedua ponsel ini dapat menikmati kualitas dan kecepatannya yang lebih tinggi dibandingkan dengan jaringan sebelumnya," ujar Irfan dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Kamis (30/9/2021).

Baca juga: Telkomsel Resmi Gelar Jaringan 5G Pertama di Indonesia, Ini Daerah yang Kebagian

Untuk memperbarui perangkat, pengguna Galaxy A22 5G dan A32 5G bisa mengunjungi menu pengaturan atau "Settings". Di sana, klik menu "Software update" dan klik tombol "Check for system updates".

Jika update dengan nomor akhiran AUH1 untuk Galaxy A22 5G, atau AUH4 untuk Galaxy A32 5G sudah tersedia maka pengguna bisa meng-klik tombol "Download and install" untuk mulai memperbarui perangkat.

Syarat untuk menikmati 5G

Apabila proses update rampung dan ternyata kedua ponsel tersebut belum terhubung dengan jaringan 5G Telkomsel, maka pengguna kemungkinan belum memenuhi syarat-syarat berikut:

1. Pakai USIM

USIM merupakan tipe kartu yang digunakan untuk jaringan 4G LTE. Untuk menikmati jaringan 5G, pelanggan juga harus menggunakan USIM.

Jaringan 4G LTE dan 5G tidak bisa dijangkau apabila pengguna masih menggunakan jenis kartu SIM lama. Dengan kata lain, apabila saat ini telah menggunakan jaringan 4G LTE, hampir bisa dipastikan sudah menggunakan USIM.

Untuk pengecekan USIM, pengguna bisa mengakses menu “Cek Kartu” di menu USSD *888*47#.

Apabila terdeteksi belum menggunakan USIM, maka pengguna bisa melakukan migrasi kartu melalui saluran pelayanan offline dan online Telkomsel.

Baca juga: Ponsel Sudah Dukung 5G Telkomsel, Kenapa Belum Bisa Digunakan?

2. Aktifkan profil 5G

Jika belum bisa tersambung dengan jaringan 5G, kemungkinan profil 5G pengguna belum diaktifkan oleh Telkomsel.

Saat ini, Telkomsel sendiri mengklaim bahwa profil 5G telah aktif untuk sejumlah pelanggan. Sehingga, pelanggan tidak perlu melakukan aktivasi profil 5G mereka secara manual.

Meski demikian, pelanggan yang ingin mengajukan profil 5G bisa mengunduh aplikasi MyTelkomsel dan menggunakan fitur self-provisioning yang ada dalam aplikasi tersebut.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com