Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serupa tapi Tak Sama, Ini Beda Free Fire Max dengan Free Fire "Orisinal"

Kompas.com - 30/09/2021, 12:05 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Free Fire Max resmi dirilis di Tanah Air beberapa waktu lalu. Game battle royale ini diklaim memiliki sejumlah perbedaan dengan game Free Fire versi orisinal. 

Secara garis besar, Free Fire Max mengusung elemen dan gameplay yang serupa dengan Free Fire "orisinal". Hanya saja, Free Fire Max dan Free Fire dikemas dalam dua aplikasi yang berbeda.

Lalu apa yang membedakan Free Fire Max dengan Free Fire?

Menurut Garena, Free Fire Max dirancang untuk membawa sejumlah peningkatan yang sebelumnya tidak dimiliki Free Fire.

Baca juga: Link Download Free Fire Max dan Spesifikasi Minimum Ponsel yang Dibutuhkan

Adapun peningkatan yang dimaksud datang dari segi grafis, seperti tampilan map yang lebih realistis serta kehadiran fitur-fitur baru yang eksklusif.

Untuk dapat mengetahui fitur-fitur terbaru di Free Fire Max, KompasTekno telah merangkum setidaknya lima perbedaan Free Fire Max dengan Free Fire berikut ini.

Grafis yang lebih baik

Perbandingan grafis pada game Free Fire Max (atas) dengan Free Fire (bawah).KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Perbandingan grafis pada game Free Fire Max (atas) dengan Free Fire (bawah).
Perbedaan yang paling mencolok langsung dapat ditemukan dari segi tampilan visual. Hal ini terlihat dari tampilan objek dan karakter yang memiliki tekstur yang lebih mulus, serta warna yang lebih mencolok.

Garena juga telah meningkatkan efek pada map (peta) yang terdapat di dalam game. Tampilan peta kini terlihat lebih realistis dengan adanya efek dedaunan yang jatuh ke tanah, apabila pemain menembak pohon.

Salah satu peta yang bernama Bermuda juga mengalami perombakan desain. Garena telah mngubah rancangan area Clocktower dan Factory dengan menambahkan detail grafis yang pada area di sekitar peta.

Mode baru Craftland

Mode Craftland yang terdapat pada game Free Fire Max.Garena Mode Craftland yang terdapat pada game Free Fire Max.
Salah satu yang menarik di Free Fire Max adalah kehadiran mode Craftland. Di mode ini, pemain dapat unjuk kreativitas dengan merancang sebuah peta dan memainkannya dengan teman.

Pemain dapat mengatur tata letak barang-barang yang umumnya ditemukan pada peta, seperti kontainer, mobil dan bus bekas, bangunan, dan masih banyak lagi.

Setelah peta selesai dibuat, pemain dapat membagikan map tersebut untuk dimainkan bersama dengan pemain lainnya.

Setiap pemain juga dapat menunjukkan apresiasi pada pembuat peta dengan memberikan like dan subscribe kepada kreator peta.

Mode Craftland dapat diakses melalui menu Peta > Custom > Craftland. Untuk bisa membuat peta di mode ini, pemain membutuhkan Craftland Room Card yang dapat dibeli dengan harga 100 Diamond.

Selain mode Craftland, Free Fire Max juga ketambahan mode satu lawan satu (1vs1), yakni Lone Wolf dan mode Clash Squad yang dapat melakukan request item dengan teman satu tim.

Baca juga: Install Free Fire Max di HP, Haruskah Hapus Free Fire Orisinal Dulu?

Sinkronisasi akun

Meski merupakan dua game yang berbeda, namun, pemain Free Fire Max dan Free Fire dapat bermain bersama dalam satu arena. Hal ini dimungkinkan berkat kehadiran teknologi Firelink.

Teknologi ini merupakan sistem sinkronisasi yang memungkinkan pemain untuk bisa menggabungkan akun Free Fire Max dan Free Fire.

Dengan demikian, seluruh data permainan yang mencakup progres game di akun pemain serta item yang sudah didapatkan di akun Free Fire masih bisa digunakan dalam game Free Fire Max.

Pembaruan animasi dan efek suara

Free Fire Max kedatangan pembaruan animasi dan audio. Di dalam game, gerakan berlari, melompat, dan merangkak yang dilakukan karakter tak lagi kaku dan menjadi lebih natural.

Garena juga menambahkan animasi khusus, seperti saat pemain mengonsumsi jamur (mushroom) atau ketika pemain membuka parasut saat akan terjun ke dalam peta.

Saat menembak, pemain Free Fire Max dapat melihat adanya efek pelacak (tracer effect) dan lubang bekas peluru yang muncul di dinding dan bangunan.

Spesifikasi yang dibutuhkan

Dibandingkan dengan Free Fire "orisinal", Free Fire Max membutuhkan spesifikasi ponsel yang lebih tinggi.

Hal ini disebabkan karena Free Fire Max menyuguhkan peningkatan kualitas grafis dan gameplay, sehingga membutuhkan ponsel yang lebih "canggih" untuk dapat menjalankannya.

Sebagai perbandingan, berikut merupakan spesifikasi minimum yang harus dipenuhi pemain apabila hendak memainkan game Free Fire Max dan Free Fire.

Spesifikasi Free Fire Max Free Fire
Sistem operasi Android 4.4 / iOS 11 Android 4.4 / iOS 9
RAM 2 GB atau lebih tinggi 1 GB atau lebih tinggi
CPU Dual core 1.2GHz / iPhone 6s Dual core 1.2GHz / iPhone 5s
Memori penyimpanan 2,5 GB atau lebih tinggi 1,5 GB atau lebih tinggi

Spesifikasi sistem ponsel yang direkomendasikan oleh Garena agar game dapat berjalan dengan lancar adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Free Fire Max Free Fire
Sistem operasi Android 7 / iOS 11+ Android 7 / iOS 11+
RAM 4 GB atau lebih tinggi 3 GB atau lebih tinggi
CPU Octa core 2.0 GHz / iPhone 7 Octa core 1.8 GHz / iPhone 7
Memori penyimpanan 4 GB atau lebih tinggi 3 GB atau lebih tinggi

Baca juga: Free Fire Max Sudah Bisa Di-download di Indonesia, Begini Caranya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com