Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Huruf "L" di Logo Google Berwarna Hijau, Ternyata Ini Maksudnya

Kompas.com - 30/09/2021, 19:07 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Wired

KOMPAS.com - Meskipun sudah akrab dengan Google dan segala macam layanannya -YouTube Gmail, Google Meet, Maps, dkk- pernahkah sekali waktu Anda memperhatikan logo Google?

Logo Google terdiri dari empat warna, yakni biru, merah, kuning, dan hijau. Sekilas, logo ini tampak biasa saja, namun jika diamati ada yang sedikit berbeda yakni pada huruf "L". Seperti diketahui, huruf "L" pada tulisan "Google" berwarna hijau.

Warna itu berbeda dari huruf lain yang menggunakan warna primer, yakni warna merah, kuning, dan biru, di huruf "G", "O", dan "E". Sementara, hijau di huruf "L" masuk kategori warna sekunder. Kenapa demikian?

Baca juga: Evolusi Logo Google dari Masa ke Masa

Rupanya ada makna tersembunyi di baliknya. Menurut Ruth Kedar, desainer grafis yang membuat logo legendaris Google, huruf "L" hijau melambangkan Google yang tidak gentar mendobrak aturan.

"Kami menggunakan warna primer, tapi alih-alih membuat pola warna primer berurutan, kami menempatkan warna sekunder ke huruf "L", yang memunculkan gagasan bahwa Google adalah pendobrak aturan," jelas Keder, dihimpun KompasTekno dari Wired, Kamis (30/9/2021).

Kedar juga mengatakan, bahwa "L" hijau adalah ekspresi bahwa Google bukanlah perusahaan konvensional saat itu. Sehingga dia menyisipkan warna yang "tak lazim" di logo Google, yakni warna hijau yang notabene bukan warna primer seperti huruf lainnya.

"Mendobrak aturan" di sini dimaksudkan bahwa Google merupakan perusahaan yang dinamis yang tidak kaku dan berkembang untuk membantu kebutuhan manusia.

Baca juga: Sejarah Google, Raksasa Mesin Pencari yang Hampir Dijual Murah

Hari ini, Google bukan sekadar mesin pencarian raksasa seperti saat pertama kali lahir di tahun 1998 silam, tapi sudah menjelma menjadi ekosistem yang menyuguhkan beragam layanan, mulai dari hardware hingga software.

Kedar tidak menjelaskan lebih detail mengapa warna hijau yang dipilih. Mengapa dia tidak memilih warna sekunder lain seperti ungu atau jingga.

Namun, dalam sejumlah filosofi logo, warna hijau mengandung makna ketenangan, kegembiraan, harmonis, dan berenergi, dan penuh dengan kehidupan. Warna hijau juga kerap diasosiasikan dengan kekayaan dan uang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Wired
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com