Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spotify Rilis Fitur Polling dan Kolom Tanya-Jawab untuk Podcast

Kompas.com - 01/10/2021, 09:36 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber TechCrunch

KOMPAS.com - Layanan sreaming musik dan audio Spotify menambah fitur baru untuk membuat podcast lebih interaktif. Fitur baru tersebut adalah polling dan kolom tanya-jawab. Sebelumnya, fitur ini telah diuji coba dalam versi beta dan akhirnya resmi dirilis mulai hari ini.

Spotify mengatakan bahwa fitur ini telah tersedia bagi seluruh podcaster lewat aplikasi Anchor. Kreator yang ingin mempublikasi dan mendistribusikan podcast miliknya menggunakan Anchor bisa menambahkan polling atau tanya-jawab di episode baru mereka.

Baca juga: Spotify Blend Hadir di Indonesia, Bisa untuk Bikin Playlist Bareng Teman

Saat ini, Anchor baru mendukung penambahan satu polling atau satu tanya-jawab ke sebuah episode individual. Ketika episode tersebut tayang di Spotify, polling dan tanya-jawab akan muncul di sisi bawah laman episode podcast.

Pendengar kemudian bisa merespons polling atau pertanyaan yang dilempar podcaster. Setelah merespons polling, mereka dapat segera melihat hasil suara yang diberikan audiens lain.

Fitur tanya-jawab dan polling di aplikasi ANchor yang bisa ditambahkan oleh podcaster ke episode podcast baru mereka.Spotify Fitur tanya-jawab dan polling di aplikasi ANchor yang bisa ditambahkan oleh podcaster ke episode podcast baru mereka.

Sementara, jawaban dari pertanyaan akan dikirimkan secara pribadi ke podcaster. Podcaster bisa menyematkan respons tertentu untuk dimunculkan ke publik di bawah pertanyaan.

Perlu diingat bahwa nama pendengar akan tercantum sehingga tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan identitas yang digunakan. Fitur ini tersedia di platform Android maupun iOS, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Tech Crunch, Jumat (1/1/2021).

Fitur tanya-jawab yang bisa ditambahkan kreator ke episode baru podcast mereka lewat aplikasi Anchor.Spotify Fitur tanya-jawab yang bisa ditambahkan kreator ke episode baru podcast mereka lewat aplikasi Anchor.

Selama masa uji coba, banyak podcaster yang menggunakan kolom tanya-jawab untuk menanyakan pendapat pendengar mereka, siapa bintang tamu yang ingin diundang, umpan balik tentang topik yang diangkat atau yang mau dibahas berikutnya, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Fitur Baru Spotify Gabungkan Musik dan Berita di Satu Playlist

Fitur ini sudah tersedia di Anchor dan Spotify di 160 negara di seluruh dunia. Angka itu belum menyeluruh ke pasar Spotify yang kini jumlahnya sudah 178 negara. Namun Spotify tidak merinci negara mana saja yang sudah kebagian.

KompasTekno belum menemukan fitur polling dan tanya-jawab ini di Spotify ketika berita ini ditulis. Ada kemungkinan belum banyak podcaster yang menggunakan fitur tersebut atau memang belum tersedia di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com