Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Pertama Tampilan Android 12.1

Kompas.com - 03/10/2021, 11:02 WIB
Conney Stephanie,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah merilis Android 12, Goole diperkirakan akan meluncurkan sistem operasi mobile berikutnya, yang disinyalir bernama Android 12.1.

Sistem operasi Android 12.1 kabarnya merupakan pembaruan minor dari Android 12 yang disebut akan memulai debutnya di Pixel 6 series. Pixel 6 sendiri rencananya akan meluncur pada Oktober 2021 ini.

Belakangan, beredar bocoran serangkaian foto yang diduga tangkapan layara (screenshot) antarmuka Android 12.1. Kalau benar, maka ini adalah penampakan pertama dari tampilan sistem operasi tersebut.

Baca juga: Instal Game di Android 12 Bakal Ada Tanda Petir, Ini Artinya

Dari bocoran gambar yang beredar, terlihat bahwa (UI) Android 12.1 didesain lebih sederhana dengan perpaduan warna solid. Bocoran foto ini berasal dari situs teknologi XDA Developers.

Dalam tangkapan layar yang dibagikan, antarmuka Android 12.1 terlihat terpasang di perangkat layar lipat, memberikan petunjuk ponsel layar lipat Google Pixel Fold.

Bocoran wujud Android 12.1XDA-Developers.com Bocoran wujud Android 12.1

Antarmuka yang ditampilkan menganut konfigurasi dual-pane, di mana tata letak menu dibagi menjadi dua bagian.

Misalnya, pada menu pull-down notifikasi. Pengguna akan melihat panel kanan-kiri yang menampilkan area notifikasi di sisi kanan dan sistem pengaturan ponsel yang ada di sisi kiri.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Ars Technica, Sabtu (2/10/2021), konfigurasi panel ganda ini disebut menggunakan gaya desain 50/50, yang artinya satu layar penuh dipisah menjadi dua bagian.

Yang jadi pertanyaan, aspek rasio antarmuka ini tidak pas untuk sebuah tablet, terlihat terlalu memanjang. Akan lebih pas jika ditampilkan pada layar ponsel Pixel yang berdampingan (dua layar kanan-kiri).

Sekilas, tampilan panel ganda ini mirip seperti sistem operasi Android Honeycomb (versi 3.0) yang khusus ditujukan untuk perangkat tablet.

Baca juga: Daftar HP Android yang Tak Bisa Pakai WhatsApp Mulai 1 November

Letak status bar yang menampilkan jam dan keterangan hari juga diubah. Posisi jam kini berada di sisi pojok kiri atas, bukan di kanan atas seperti selama ini.

Saat membuka menu Settings pengguna juga akan melihat dua tampilan layar yang dibagi menjadi dua, setelah meng-klik salah satu opsi yang diinginkan.

Misalnya saat memilih menu Display, nantinya layar otomatis akan terbagi menjadi dua seperti gambar di bawah ini.

Bocoran wujud Android 12.1XDA-Developers.com Bocoran wujud Android 12.1

Pada bagian bawah, OS Android 12.1 juga menampilkan beberapa ikon aplikasi yang sedang berjalan. Meski begitu, tidak diperlihatkan bagaimana kondisi layar saat membuka sejumlah aplikasi secara bersamaan.

Tentu, rangkaian bocoran gambar yang menampilkan antarmuka Android 12.1 ini masih bersifat sementara. Bisa saja, tampilan akhirnya nanti akan berbeda.

Android dengan titik

Sebagai informasi, penamaan Android menggunakan "titik" sudah pernah dilakukan oleh Google yang merilis pembaruan Android Oreo 8.1 pada tahun 2017. Pembaruan ini merupakan update minor dari Android Oreo 8.0.

Baca juga: Tips Menjual HP Android Bekas Pakai, Data Aman dan Gampang Laku

Setelah itu, Google belum pernah lagi meluncurkan pembaruan minor dengan penamaan versi menggunakan titik.

Yang pasti, setiap versi baru Android memiliki nomor API. Android 12 sendiri memiliki API level 31, namun di public repository Android 13 diketahui menggunakan API level 33.

Google nampaknya memberi jeda penomoran API antara Android 12 dan 13 untuk varian OS baru, yang selama ini secara tidak resmi disebut Android 12.1 ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com