Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Aplikasi Mobile Berpenghasilan Terbesar, TikTok Teratas

Kompas.com - 04/10/2021, 19:02 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lembaga riset pasar Sensor Tower merilis laporan terbaru tentang pendapatan aplikasi mobile secara global pada kuartal-III 2021.

Di dalamnya disebutkan bahwa TikTok merupakan aplikasi mobile yang meraup penghasilan terbesar selama periode waktu tersebut, mengulangi pencapaian serupa di kuartal sebelumnya.

"Belanja konsumen di aplikasi ini (TikTok), termasuk Duoyin (aplikasi TikTok versi China) di iOS di China, mengalami pertumbuhan 41 persen secara Year-over-year," tulis Sensor Tower di laporannya.

Baca juga: Malware Penyedot Pulsa Bersembunyi di Lebih dari 200 Aplikasi Android

Sensor Tower tidak menyebutkan berapa jumlah pendapatan aplikasi media sosial berbasis video pendek ini untuk kuartal-III 2021.

Namun, berdasarkan laporan sebelumnya, SensorTower mengatakan bahwa TikTok mencatat belanja konsumen sebesar 534,6 juta dollar AS (Rp 7,6 triliun) di kuartal-II 2021 dan 384,7 juta dollar AS (Rp 5,4 triliun) di kuartal-I 2021.

Daftar 10 aplikasi mobile berpenghasilan terbesar pada kuartal-III 2021 menurut Sensor Tower, berdasarkan pendapatan dari Google Play Store, Apple App Store, dan secara keseluruhan.Sensor Tower Daftar 10 aplikasi mobile berpenghasilan terbesar pada kuartal-III 2021 menurut Sensor Tower, berdasarkan pendapatan dari Google Play Store, Apple App Store, dan secara keseluruhan.

Menurut Sensor Tower, TikTok yang telah menembus angka unduhan sebesar 3 miliar ini menjadi aplikasi mobile berpenghasilan terbesar di toko Apple App Store, dan secara keseluruhan.

Baca juga: Cara Daftar TikTok Shop untuk Jualan Online

Media sosial berbasis video lainnya, YouTube, baru menyusul di urutan ketiga setelah Piccoma, aplikasi langganan komik Jepang (manga) dari Kakao Japan.

Secara overall, urutan aplikasi yang mencatat pendapatan tertinggi pada kuartal-III 2020 menurut Sensor Tower adalah sebagai berikut.

1. TikTok
2. Piccoma
3. YouTube
4. Google One
5. Disney Plus
6. Tinder
7. Tencent Video
8. iQIYI
9. Line Manga
10. HBO Max

Menurut Sensor Tower, berdasarkan data awal yang dikumpulkan, pasaran aplikasi mobile terus mengalami pertumbuhan di kuartal-III 2021, meskipun cenderung melambat jika dibandingkan dengan masa-masa awal pandemi.

Belanja konsumen di aplikasi mobile mencatat peningkatan 15,1 persen pada kuartal-III 2021, menurut laporan Sensor Tower. Pertumbuhan yang dicatat Google Play Store lebih tinggi dibanding Apple App Store, tapi angka consumer spending yang dikumpulkan App Store secara keseluruhan lebih besar.  Sensor Tower Belanja konsumen di aplikasi mobile mencatat peningkatan 15,1 persen pada kuartal-III 2021, menurut laporan Sensor Tower. Pertumbuhan yang dicatat Google Play Store lebih tinggi dibanding Apple App Store, tapi angka consumer spending yang dikumpulkan App Store secara keseluruhan lebih besar.

Baca juga: Sebulan, 1 Miliar Orang Nonton dan Bikin Video di TikTok

Belanja konsumen pada kuartal-III 2021 disebutkan naik 15,1 persen dari angka 29,2 miliar dollar AS (Rp 416 triliun) yang tercatat setahun sebelumnya pada kuartal-III 2020.

"Angka pertumbuhan itu sekitar setengah dari pertumbuhan year-over year sebesar 32 persen yang terekam pada tahun lalu," tulis Sensor Tower, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Senin (4/10/2021). 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com