Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook dkk Down, Harta Mark Zuckerberg Berkurang Rp 87 Triliun dalam 8 Jam

Kompas.com - 05/10/2021, 08:29 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Layanan milik Facebook Inc., seperti Facebook, Instagram, dan WhatsApp down di sejumlah negara sejak Senin malam (4/10/2021), termasuk di Indonesia.

Gangguan ini tak hanya berdampak pada pengguna tiga aplikasi itu saja, melainkan juga berimbas pada Mark Zuckerberg selaku pemilik Facebook Inc.

Pasalnya, saat layanan Facebook, WhatsApp, dan Instagram down selama kurang lebih 8 jam, kekayaan Zuckerberg menguap hingga sebesar 6,11 miliar dollar AS, atau setara dengan Rp 87 triliun.

Kerugian ini juga ikut membuat posisi Zuckerberg dalam daftar orang paling tajir di dunia turun.

Baca juga: Layanan Down, Facebook, Instagram, dan WhatsApp Minta Maaf lewat Twitter

Pantauan KompasTekno di situs Bloomberg Billionaires Index, pada Minggu (3/10/2021), Zuckerberg tercatat memiliki kekayaan bersih mencapai 128 miliar dollar AS (kira-kira Rp 1.826 triliun).

Namun pada Selasa (5/10/2021) pagi, pasca-layanan Facebook Inc. down, total kekayaan Zuckerberg terpantau turun hingga senilai 122 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 1.740 triliun.

Alhasil, kini, peringkat Zuckerberg di daftar orang terkaya di dunia versi Bloomberg, turun dari urutan empat ke urutan enam. Zuckerberg kini berada di belakang miliarder Bill Gates (urutan 5) yang memiliki kekayaan 124 miliar dollar AS atau sekitar Rp 1.769 triliun.

Selain kekayaannya yang menguap, tumbangnya layanan Facebook, WhatsApp, dan Instagram ini juga membuat saham Facebook ikut turun.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Entrepreneur, saham Facebook (dengan kode FB) anjlok sekitar 5 persen pada sesi perdagangan Senin (4/10/2021). Hal ini menambah penurunan saham Facebook hingga 15 persen sejak pertengah September lalu.

Baca juga: Pakar Ungkap Penyebab Facebook, Instagram, WhatsApp Error Hari Ini

Pantauan KompasTekno di situs Yahoo Finance, pada Selasa (5/10/2021) pagi, saham Facebook kini diperdagangkan sekitar harga 326 dollar AS (sekitar Rp 4,6 juta).

Saham Facebook anjlok 5 persen pasce layanan Facebook, WhatsApp, dan Instagram tumbang.Yahoo Finance Saham Facebook anjlok 5 persen pasce layanan Facebook, WhatsApp, dan Instagram tumbang.

Layanan down 8 jam dan berangsur pulih

Facebook, Instagram, dan WhatsApp dilaporkan di sejumlah negara, termasuk Indonesia, mulai hari Senin (4/10/2021) malam hingga Selasa (5/10/2021) pagi ini.

Pantauan KompasTekno di situs Downdetector, layanan Facebook, Instagram, dan WhatsApp mulai error pada Senin (4/10/2021) pukul 22.00 WIB. Lalu, keluhan gangguan dari ketiga aplikasi milik Facebook Inc. menyentuh puncaknya pada Senin malam sekitar pukul 23.00 WIB.

Hingga Selasa pagi pukul 06.00 WIB, laporan down tiga layanan itu masih berdatangan di situs Downdetector, tapi jumlahnya sudah menurun.

Baca juga: Facebook, WA, IG Sudah Down 8 Jam, Error dari Jam 10 Malam

Pantauan KompasTekno pada Selasa pagi ini pula, layanan Facebook, WhatsApp, dan Instagram sudah berangsur pulih. Ketiga layanan ini sudah bisa diakses dan digunakaan, baik melalui aplikasi maupun situs web.

Namun, tampaknya pemulihan layanan masih belum merata. Sebab, masih ada sebagian pengguna WhatsApp yang melaporkan belum bisa log in ke akun mereka.

Terkait gangguan layanan ini, pihak Facebook, WhatsApp, Instagram sendiri telah mengetahui adanya gangguan ini di sejumlah negara, dan mengaku sedang melakukan investigasi. Mereka pun meminta maaf atas gangguan yang terjadi.

Hingga berita ini ditayangkan, belum jelas apa yang menjadi penyebab Facebook, Instagram, WhatsApp down selama kurang lebih 8 jam ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com