Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Update WhatsApp Punya Tampilan Baru, Kirim Foto Bisa Ditempel Stiker

Kompas.com - 06/10/2021, 12:03 WIB
Conney Stephanie,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - WhatsApp mulai menggulirkan update/pembaruan untuk aplikasinya. Update yang digulirkan awal Oktober ini memberikan tampilan antarmuka baru untuk platform Android, serta fitur tab stiker dan emoji saat berkirim foto/video.

Berdasarkan pantauan KompasTekno, Rabu (6/10/2021), tampilan baru ini sudah hadir untuk pengguna WhatsApp Android di Indonesia versi 2.21.19.21.

Perubahan yang paling mencolok adalah dari segi warna. Di bagian tab menu misalnya, terlihat bahwa WhatsApp telah mengganti warna hijau pada bilah navigasi menjadi lebih terang.

Baca juga: Pakar Ungkap Penyebab Facebook, Instagram, WhatsApp Error Hari Ini

Hal serupa juga diterapkan pada tombol kirim (Send) yang terdapat di kolom Chat. WhatsApp mengubah elemen tersebut dengan warna hijau yang lebih terang.

Tampilan baru di aplikasi WhatsApp AndroidKOMPAS.com/ConneyStephanie Tampilan baru di aplikasi WhatsApp Android

Beralih kolom Status, tampilannya juga ikut dirombak. Kini, lingkaran pada pembaruan Status WhatsApp juga mengusung warna yang senada dengan bilah navigasi. Lingkaran Status juga menampilkan jumlah dari Status yang diunggah oleh akun lain.

Misalnya jika teman Anda mengunggah tiga Status WhatsApp. Nantinya lingkaran Status WhatsApp mereka akan menampilkan garis putus-putus sebanyak tiga buah.

Kemudian untuk tampilan kolom chat, warna background juga berubah menjadi lebih gelap ketika pengguna mengaktifkan Dark Mode.

Baca juga: Cara Memotong Video untuk Diunggah ke IG Stories dan Status WhatsApp

Perubahan tampilan yang dilakukan WhatsApp ini sebelumnya sempat diungkap oleh situs WABetaInfo pada Agustus lalu.

Tampilan Dark Mode di aplikasi WhatsAppWABetaInfo Tampilan Dark Mode di aplikasi WhatsApp

Stiker foto dan status

Selain tampilan baru, WhatsApp juga menghadirkan tab untuk Stikers dan Emoji pada menu Status. Kedua tab ini akan muncul jika Anda meng-klik ikon emoji smile di deretan atas, sebelum mengunggah Status WhatsApp.

Baca juga: Cara Upload Video Lebih dari 30 Detik ke Status WhatsApp

Di sana, pengguna bisa melihat kumpulan stiker dan emoji dengan cara menggulirkan layar ke atas (scroll) untuk menampilkannya secara keseluruhan.

Begitu juga saat hendak berkirim foto/video. Stiker bisa ditempel di foto yang akan dikirim. Cara mengaksesnya juga melalui ikon emoji di kanan atas, sebelum menekan tombol kirim.

Tab Stiker dan Emoji di aplikasi WhatsApp AndroidKOMPAS.com/ConneyStephanie Tab Stiker dan Emoji di aplikasi WhatsApp Android

Pada bagian tab emoji, WhatsApp menampilkan sejumlah kolom yang dikategorikan berdasarkan masing-masing dari emoji tersebut.

Baca juga: WhatsApp Rilis 6 Stiker Animasi Baru, Begini Cara Mendapatkannya

Untuk memperoleh tampilan antarmuka baru seperti di atas, pengguna WhatsApp Android harus memperbarui aplikasi ke versi terkini, melalui Google Play Store.

Jika sudah di-update namun tampilannya belum berubah, kemungkinan WhatsApp akan menggulirkan tampilan baru ini secara bertahap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com