Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Elon Musk Ngetwit Gambar Anjing, Harga Kripto Shiba Inu Melonjak

Kompas.com - 06/10/2021, 13:06 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - CEO Tesla, Elon Musk, lagi-lagi membuat harga mata uang kripto naik gara-gara kicauannya di Twitter. Kali ini, mata uang kripto Shiba Inu yang ketiban rezeki nomplok dari twit Elon Musk baru-baru ini.

Harga koin Shiba Inu terpantau melonjak hingga 55 persen ke level 0,00001312 dollar AS (sekitar Rp 0,1869) dalam 24 jam terakhir. Bahkan saat berita ini ditulis, Rabu (6/10/2021) siang, harga koin Shiba Inu merangkak naik ke level 0.00002239 dollar AS.

Kenaikan harga hingga 55 persen ini juga ikut mendongkrak nilai kapitalisasi pasar koin Shiba Inu, yakni melewati angka 5,22 miliar dollar AS atau setara Rp 74,4 triliun.

Lonjakan tersebut terjadi pasca Musk ngetwit foto anak anjing miliknya bernama Floki yang sedang berada di mobil Tesla, lengkap dengan keterangan "Floki Funkpuppy".

Baca juga: Kicaun Twitter Elon Musk yang Bikin Harga Bitcoin dkk Naik-Turun

Dari gambar terlihat bahwa anak anjing milik Musk itu merupakan keturunan ras anjing Jepang paling populer, Shiba Inu.

Dalam kicauan tersebut, Musk sebenarnya sama sekali tidak menyinggung soal keberadaan mata uang kripto Shiba Inu. Namun, karena koin Shiba Inu memiliki nama dan logo gambar anjing yang sama persis seperti Floki, ini membuat harga koin Shiba Inu ikut melejit.

Karena kicauan investor kripto berbondong-bondong membeli koin Shiba Inu ini. Ini terlihat dari volume trading koin Shiba Inu yang melonjak hingga 770 persen dalam satu hari terakhir.

Kicauan gambar anjing Shiba Inu ini juga ikut membuat sejumlah token yang memiliki logo atau nama seperti anjingnya Musk melonjak juga, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari IndiaTimes, Rabu (6/10/2021).

Misalnya, seperti token meme Husky dan Shiba Cash yang masing-masing melonjak 140 persen dan 75 persen. Token lain seperti Akita Inu, Baby Doug, Doggy, Kishu Inu, dan Pitbull juga menguat antara 15-35 persen.

Sementara itu, token meme favorit Musk, Dogecoin, ikut melonjak sebesar 12 persen menjadi 0,2484 dollar AS pada hari Selasa, (5/10/2021).

Baca juga: Cerita Pria Kehilangan Bitcoin Senilai Rp 7,7 Miliar gara-gara Elon Musk Palsu

Ini bukan pertama kalinya, twit Elon Musk membuat harga kripto naik. Sebelumnya, Musk juga beberapa kali berkicau soal Dogecoin dan Bitcoin. Tak berselang lama setelah kicauan tersebut, harga keduanya juga ikut melambung.

Tak heran, selain dijuluki pengusaha teknologi kaya raya, Musk juga sering kali disebut sebagai "influencer". Mengingat, apapun yang dikicaukannya di Twitter melalui akun @elonmusk, biasanya akan berdampak langsung pada kondisi pasar. Misalnya, membuat popularitas atau harga sahamnya akan ikut meroket.

Shiba Inu pesaing Dogecoin

Sedikit tentang Shiba Inu, mata uang kripto ini juga menggunakan logo berupa gambar anjing Shiba Inu seperti Dogecoin.

Penciptanya memang sengaja membuat aset kripto dengan logo yang sama karena diciptakan memang untuk menjadi pesaing Dogecoin.

Koin Shiba Inu diluncurkan tahun lalu. Harga koin Shiba Inu atau SHIB kala itu nyaris tak bernilai.

Namun demikian, volume perdagangan dari koin yang diklaim sebagai 'Dogecoin Killer' tersebut mengalami lonjakan setelah diperdagangkan di platform seperti OKEx dan Binance.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com