Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghapus Data Cache di HP Android

Kompas.com - Diperbarui 30/01/2022, 11:14 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Data cache merupakan sebuah data sementara yang didapatkan dari aplikasi yang berjalan di ponsel. Data ini disimpan dalam memori ponsel dan bersifat temporer alias tidak permanen.

Salah satu contoh penggunaan data cache adalah ketika pengguna sedang browsing di internet. Saat sedang mengunjungi sebuah situs di internet, tak jarang pengguna akan menjumpai konten berupa gambar dan video.

Di waktu yang sama saat konten tersebut dimuat, browser akan menyimpan file sementara dari gambar dan video tadi di data cache.

Dengan menyimpan file sementara ini, nantinya browser dapat memuat gambar dan video dengan lebih cepat ketika pengguna hendak melihat konten yang serupa.

Baca juga: Begini Cara Screenshot Panjang di HP Android

Alhasil, pengguna dapat menghemat waktu dan konsumsi kuota data karena browser tidak lagi perlu mengunduh file sementara pada gambar dan video yang sudah dilihat sebelumnya.

Meski demikian, data cache yang makin lama makin menumpuk merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan ponsel Android menjadi lambat bekerja.

Karena itu, pengguna disarankan untuk menghapus data cache secara berkala, terutama ketika kinerja ponsel sudah menjadi lamban. Tidak perlu khawatir, menghapus data cache aman dilakukan karena tidak akan menghapus data penting dalam aplikasi.

Nah untuk mengetahui cara menghapus data cache di HP Android, silakan simak langkah-langkah berikut ini.

Cara menghapus data cache di HP Android

Cara menghapus data cache di ponsel Android.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Cara menghapus data cache di ponsel Android.

  • Buka menu Settings dan gulir ke bawah hingga menemukan menu Apps.
  • Pada menu Apps, pilih opsi Manage Apps.
  • Cari nama aplikasi yang diinginkan dan pilih opsi Clear Data lalu tekan Clear Cache untuk membersihkan data cache pada aplikasi.

Perlu diperhatikan bahwa cara di atas dapat berbeda-beda pada setiap model ponsel. Pada kesempatan kali ini, KompasTekno menggunakan ponsel Xiaomi Mi 10 yang menjalankan sistem operasi Android 11 dan antarmuka MIUI 12.5.1.

Baca juga: Cara Mudah Cek Kondisi Baterai di Android dan iPhone

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com