Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layar Vivo X70 Pro, E5 AMOLED dan Mendukung 120 Hz

Kompas.com - 12/10/2021, 12:15 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Vivo X70 Pro akhirnya resmi dirilis di Indonesia. Smartphone flagship ini mengandalkan sektor kamera, hasil kolaborasi dengan perusahaan lensa kamera kenamaan, Zeiss.

Vivo X70 Pro tidak cuma unggul di sektor kamera saja. Vivo juga menyematkan beberapa teknologi menarik di sisi lain, termasuk layar. Tidak mengherankan, sebab Vivo X70 Pro juga mengunggulkan segi desain premium sehingga sektor layar tidak mungkin terabaikan.

Paling kentara adalah desain layar yang melengkung (curved) di sisi kanan dan kiri yang membuat desain layarnya terkesan premium. Vivo X70 Pro dibekali layar berbentang 6,56 inci dengan resolusi Full HD Plus.

Janis layar yang digunakan Vivo X70 Pro adalah E5 AMOLED Display yang memiliki 10 bit panel dan diklaim bisa menampilkan 1 miliar warna.

Selain itu, layar E5 AMOLED Display di Vivo X70 Pro juga memiliki tingkat kecerahan hingga 1.500 nits dan memiliki fitur adaptive refresh rate.

Berbicara soal refresh rate, Vivo X70 Pro didukung oleh refresh rate hingga 120 Hz.

Sekadar informasi, refresh rate merupakan spesifikasi komponen panel yang mengukur seberapa sering sebuah frame (gambar) pada layar diperbarui (di-refresh) setiap detiknya.

Misalnya sebuah layar memiliki refresh rate 60 Hz, ia mampu menampilan 60 gambar setiap detiknya. Begitu pula dengan refresh rate 90 Hz maupun 120 Hz. Semakin tinggi angka refresh rate, gambar yang ditampilkan pada layar smartphne semakin mulus karena gambar ditampilkan setiap detik.

Di Vivo X70 Pro, refresh rate dipasang dengan mode Smart Switch yang diatur secara manual oleh pengguna. Fitur itu adalah mode cerdas yang akan membuat refresh rate berubah otomatis sesuai konten yang dikonsumsi pengguna.

Tujuannya tak lain adalah untuk menghemat daya perangkat. Misalnya, ketika pengguna memainkan game yang membutuhkan grafis tinggi, Smart Switch akan otomatis mengatur refresh rate layar ke 120 Hz yang sampling rate-nya bisa mencapai 240 Hz.

Namun, untuk aplikasi biasa yang tidak banyak membutuhkan grafis tingkat tinggi seperti membuka aplikasi perpesanan, refresh rate akan otomatis diturunkan.

Layar Vivo X70 Pro juga didukung HDR10+ dan sertifikasi audio Hi-res. Perpaduan ini dijanjikan bisa membuat pengalaman menonton via smartphone lebih impresif.

Demi memberikan kenyamanan saat menonton, Vivo juga membekali layar Vivo X70 Pro dengan sertifikasi SG5 Eye Care Display yang menyatakan bahwa tingkat bahaya blue light kurang dari 7,5 persen.

Kemudian ada sertifikasi SG5 Seamless yang mendukung kinerja refresh rate sehingga pengoperasian layar bisa lebih mulus. Vivo juga menyematkan teknologi Linear Motor yang diklaim akan memberikan intensitas getaran pada game yang dimainkan.

Baca juga: Vivo X70 Pro Versi Indonesia Pakai Chipset Khusus, Ini Keunggulannya

Harga dan spesifikasi Vivo X70 Pro

Di atas kertas, secara keseluruhan Vivo X70 Pro menjanjikan spesifikasi yang cukup mumpuni di kelasnya. Prosesornya didukung MediaTek Dimensity 1200 yang dipadu RAM 12 GB dan memori internal 256 GB.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com