Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Canva Kini Punya Platform Khusus Edit Video

Kompas.com - 14/10/2021, 08:28 WIB
Conney Stephanie,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Canva resmi memperkenalkan platform Canva Video Suite. Layanan ini menawarkan layanan pengolahan video bagi pengguna biasa atau pekerja profesional.

Canva Video Suite menyediakan segudang template dan koleksi media untuk memudahkan pengguna membuat dan menghasilkan video yang berkualitas.

Menurut Head of Product Canva, Rob Kawalsky, peluncuran Canva Video Suite ini sejalan dengan popularitas konten video yang saat ini kian meningkat.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Canva, 80 persen dari 1.300 pekerja di AS mengatakan bahwa terlibat dengan penggunaan video dalam pekerjaannya.

Sebagian besar responder mengaku kesulitan mendapatkan aplikasi editing video yang sesuai atau tidak memiliki kemampuan yang cukup untuk mengolah video.

"Video semakin penting baik itu di tempat kerja maupun dalam ranah online. Hampir semua orang di dunia saat ini membuat konten visual termasuk konten video," jelas Kawalsky.

Canva Video Suite menawarkan beberapa template untuk mengakomodir kebutuhan pengguna apabila ingin membuat konten video untuk TikTok, YouTube, Instagram, Facebook, atau keperluan bisnis seperti slide presentasi.

Misalnya jika ingin mengedit video untuk konten Instagram Reels. Pengguna bisa memilih opsi "Instagram Reels Videos Templates" dengan mode vertikal (portrait), lalu tentukkan template seperti apa yang ingin digunakan.

Canva Video SuiteKOMPAS.com/ConneyStephanie Canva Video Suite

Format template akan disesuaikan dengan masing-masing platform yang dipilih. Jika pengguna memilih "YouTube Videos Templates", maka template akan muncul dengan format landscape (horizontal).

Tak cuma itu, Canva Video Suite juga menawarkan sejumlah template, seperti perayaan Halloween, Tahun Baru, dan momentum lainnya.

Baca juga: Cara Membuat Kartu Lebaran dengan Aplikasi Canva, Bisa Dikirim ke WhatsApp

Proses editing video dapat dilakukan di halaman Single Layer Timeline untuk mempermudah penempatan masing-masing file.

Pengguna juga bisa menambahkan transisi cinematic, animasi, musik, rekaman suara, sound effect, dan berbagai macam elemen lainnya untuk memaksimalkan kreasi video. Hasil video dari Canva Video Suite juga diklaim akan tampak seperti hasil editing profesional.

Khusus untuk pelanggan Canva Pro, mereka bisa mengakses 27.000 lagu yang disediakan melalui kemitraan dengan Epidemic Sound.

Pelanggan Canva Pro juga bisa memilih lebih dari 610.000 template premium, tools untuk menghapus background, mengubah ukuran format video, beberapa Kit Merek, dan lain sebagainya.

Baca juga: 8 Aplikasi Gratis untuk Edit Foto di Android dan iOS

Rencananya, Canva Video Suite akan menghadirkan lebih banyak pilihan sound effect baru yang mulai tersedia pada November nanti.

Pengguna juga dapat melakukan perekaman layar untuk tambahan isi video atau membuat video tutorial.

"Canva Video Suite hadir untuk memudahkan pengguna dalam membuat kreasi video, baik itu untuk memasarkan bisnis mereka, membuat konten media sosial yang menarik, atau mengekspresikan kreativitas mereka," pungkas Kawalsky, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Business Wire, Kamis (14/10/2021).

Canva Video Suite bisa diakses secara gratis melalui aplikasi Canva di smartphone ataupun lewat browser desktop di tautan berikut ini, https://www.canva.com/videos/

Baca juga: Adobe Rilis Photoshop Camera, Aplikasi Edit Foto dengan Filter ala Instagram Stories

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com