Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple "Putar Balik", Kembalikan MagSafe dan Hapus Touch Bar di MacBook Pro 2021

Kompas.com - 19/10/2021, 12:13 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Wired

KOMPAS.com - Apple resmi memperkenalkan MacBook Pro terbarunya dalam ajang bertajuk "Unleashed" yang digelar pada Senin (18/10/2021) malam WIB. MacBook Pro 2021 diperkenalkan dalam dua model ukuran layar yakni 14,2 inci dan 16,2 inci.

Desain jajaran MacBook Pro 2021 ini pun mencuri perhatian. Sebab, untuk pertama kalinya Apple membubuhkan poni alias notch di bagian atas layar MacBook.

Poni tersebut mirip seperti yang dimiliki iPhone. Poni tersebut memuat kamera FaceTime yang kini beresolusi 1080p dengan sensor gambar yang lebih besar, dan chip pengolah gambar (ISP) untuk memproses hasil foto atau video.

Selain poni, Apple terkesan memilih untuk "putar balik" dengan mengembalikan fitur yang hilang di MacBook Pro versi sebelumnya, seperti konektor pengisi daya MagSafe dan modul card reader SDXC.

Di samping itu, Apple juga kini memilih melenyapkan fitur yang selama 5 tahun belakangan ini selalu ada di jajaran MacBook Pro, yaitu panel Touch Bar.

Baca juga: Apple Luncurkan MacBook Pro 14 Inci dan 16 Inci Terbaru dengan Layar Berponi

Kembalinya MagSafe dan Card Reader

Ilustrasi pengisi daya MagSafe 3 di sisi sebelah kiri Macbook Pro 2021.Apple Ilustrasi pengisi daya MagSafe 3 di sisi sebelah kiri Macbook Pro 2021.
Selama enam tahun ke belakang, Apple disebut-sebut lebih mengedepankan aspek desain dengan bodi mulus dan tipis pada jajaran MacBook Pro miliknya.

Karena itulah, saat meluncurkan MacBook Pro 2016, Apple memilih memangkas sebagian besar lubang konektor yang sebelumnya ada di bodi laptopnya. Misalnya, menggantikan
konektor pengisi daya MagSafe dengan USB Type-C.

Lalu, Apple juga menghapus SD card reader. Ketika itu, hilangnya slot ini banyak dikritik karena sebenarnya masih dibutuhkan oleh para fotografer untuk transfer data.

Tapi, di tahun 2021 ini, Apple "putar balik" dan mengembalikan fitur yang sebelumnya hilang, yakni port MagSafe dan SD card reader di MacBook Pro 2021.

Dengan kembalinya port MagSafe ke lini MacBook Pro maka pengguna harus melakukan pengisian daya dengan kabel adapter MagSafe, tak lagi menggunakan kabel USB Type-C.

Kembalinya MagSafe ke lini MacBook Pro sebenarnya sudah terendus sejak awal tahun 2021 ini.

Analis kenamaan, Ming Chi-kuo kala itu memprediksi bahwa Apple akan mengembalikan port tersebut ke MacBook Pro. Prediksi itu pun terbukti benar adanya.

Deretan konektor di MacBook Pro 2021.CNET Deretan konektor di MacBook Pro 2021.
Di samping itu, Apple juga terlihat membekali MacBook Pro 2021 dengan deretan konektor lain yang lebih lengkap dibandingkan laptop generasi terdahulu.

Misalnya, di sisi sebelah kanan bodi laptop kini terdapat 1x port HDMI, 1x port Thunderbolt 4, dan 1x modul card reader SDXC. Sementara itu, di sebelah kirinya terdapat 1x port MagSafe 3, 2x port Thunderbolt 4, dan 1x audio jack 3,5 mm.

Baca juga: MacBook dan iPad Kena Imbas Kelangkaan Chip Global

Hilangkah Touch Bar

Ilustrasi panel Touch Bar di MacBook Pro.CNET Ilustrasi panel Touch Bar di MacBook Pro.
Panel Touch Bar ini pertama kali hadir di MacBook Pro generasi 2016. Panel yang terletak di atas keyboard ini sedianya menggantikan deretan tombol Functions (F) fisik yang biasanya selalu setia menemani keyboard.

Halaman:
Sumber Wired
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com