Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Bootloop di HP Android dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Kompas.com - 21/10/2021, 15:04 WIB
Conney Stephanie,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Salah satu permasalahan yang seringkali dijumpai oleh pengguna smartphone Android adalah bootloop. Sebenarnya, apa itu bootloop dan bagaimana cara mengatasinya?

Arti bootlop adalah proses rebooting (ponsel mati kemudian menyala lagi) yang terjadi terus-menerus, alias ponsel melakukan proses restart dengan sendirinya secara berulang. Kondisi ini membuat smartphone tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Beberapa penyebab bootloop di HP Android adalah gangguan pada file sistem yang membuat ponsel tidak bisa berjalan dengan stabil, kerusakan pada file aplikasi, adanya virus, malware, masalah instalasi, memakai ROM yang tidak tepat, dan sebagainya.

Bootloop juga bisa disebabkan oleh modifikasi sistem yang berlebihan, atau masalah yang ditimbulkan oleh smartphone itu sendiri.

Baca juga: Mengenal Data Cache di HP Android dan Cara Menghapusnya

Ciri-ciri bootloop biasanya ditandai dengan adanya logo atau merek ponsel Android yang selalu muncul di tampilan layar smartphone. Ponsel juga akan terus melakukan rebooting secara berulang.

2 jenis bootloop

ilustrasi bootloop di ponsel Androidandroidcentral.com ilustrasi bootloop di ponsel Android

Ada dua jenis bootloop yang dialami oleh HP Android. Pertama adalah Light Bootloop, lalu yang kedua yaitu Hard Bootloop.

Light Bootloop adalah kondisi di mana HP Android akan mengalami bootloop secara tiba-tiba, alias tidak bisa diprediksi kapan bootloop itu akan terjadi.

Sementara, Hard Bootloop merupakan kondisi di mana ponsel Android sudah tidak bisa dioperasikan seperti semula, lantaran proses rebooting terjadi secara terus-menerus.

Lantas, bagaimana cara mengatasi bootloop? Berikut adalah sejumlah tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi bootloop, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari berbagai sumber, Rabu (20/10/2021).

Cara mengatasi bootloop di Android

1. Matikan ponsel dan lepas baterai

Anda bisa mematikan ponsel Android Anda lalu melepaskan baterainya dan membiarkannya beberapa saat.

Kemudian, pasang kembali baterai, lalu nyalakan ponsel untuk memastikan kondisi ponsel Android Anda.

Baca juga: Cara Membersihkan Cache di Ponsel Android agar Tidak Lemot

Untuk HP Android yang baterainya tertanam (tidak bisa dilepas), biarkan ponsel Android Anda dalam kondisi mati sekitar lima menit. Tekan tombol daya beberapa saat untuk mematikan ponsel.

2. Cabut kartu SIM dan microSD

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com