Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Uji Coba Tampilan Baru Picture in Picture, Begini Penampakannya

Kompas.com - 22/10/2021, 13:06 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - WhatsApp dikabarkan tengah mengujicoba tampilan baru pada fitur Picture in Picture (PiP). Kabar ini terendus oleh WABetaInfo, yang kerap memberi bocoran fitur-fitur WhatsApp dengan akurat, sebelum resmi meluncur.

Berdasarkan penelusuran WABetaInfo, ada serangkaian kode API WhatsApp beta versi 2.21.22.3 yang mengindikasikan bahwa WhatsApp tengah mempersiapkan tampilan baru untuk fitur Picture in Picture (PiP).

Baca juga: Fitur Satu Akun WhatsApp di 4 Perangkat Sudah Bisa Dicoba di Indonesia

Picture in Picture adalah fitur yang memungkinkan pengguna WhatsApp dapat menonton video yang dikirim lewat kolom chat sembari membuka percakapan lain atau sedang melakukan video call.

Nantinya, Picture-in-Picture akan memutar video di dalam sebuah jendela kecil alias floating window yang letaknya bisa diatur di layar.

Dalam tangkapan layar yang dibagikan, tampilan Picture in Picture (PiP) di aplikasi WhatsApp versi mobile terlihat didesain ulang menjadi lebih detail.

WhatsApp ujicoba tampilan baru di fitur picture in pictureandroidpolice.com WhatsApp ujicoba tampilan baru di fitur picture in picture

Salah satu yang paling mencolok yaitu penempatan tombol "Pause", "Actual Size", dan juga "Close". Ketiga tombol kontrol ini ditempatkan pada kolom khusus yang berada di bawah jendela video.

Sebelumnya, tombol-tombol tersebut berada di atas video itu sendiri (overlay). Pengguna juga harus mengetuk video terlebih dahulu untuk menampilkan ketiga tombol itu. Jika didiamkan beberapa detik, ketiga tombol tersebut akan memudar dengan sendirinya.

Nah, di tampilan baru ini, pengguna WhatsApp tidak perlu repot meng-klik video untuk memunculkan tombol-tombol tersebut. Sebab, ketiga tombol kontrol video itu akan selalu berada di bawah jendela video.

Baca juga: Cara Mematikan Fitur Download Foto dan Video Otomatis di WhatsApp

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Android Police, Jumat (22/10/2021), batasan sumber video yang bisa diputar dalam mode Picture in Picture juga masih sama, yaitu dari YouTube, Instagram, Facebook, dan lainnya.

Karena masih tahap uji coba, besar kemungkinan bahwa WhatsApp masih akan melakukan penyesuaian sebelum membawa pembaruan tampilan ini ke versi final. WhatsApp juga belum memastikan kapan tampilan baru ini akan diluncurkan secara resmi kepada publik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com