Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prosesor Intel Alder Lake Resmi Meluncur, Janjikan Performa Gaming Terbaik

Kompas.com - 28/10/2021, 11:05 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Intel resmi memperkenalkan prosesor Core generasi ke-12 yang diberi nama "Alder Lake". Peluncuran prosesor Intel Alder Lake dilakukan di ajang Intel Innovation pada Rabu (27/10/2021) malam.

Jajaran lengkap keluarga Intel Alder Lake mencakup 60 prosesor yang dirancang untuk mendukung lebih dari 500 model komputer desktop dari berbagai vendor.

Namun saat perkenalan awal, Intel baru meluncurkan enam prosesor desktop yang masuk dalam keluarga Alder Lake.

Baca juga: Intel Pamer Kemampuan Arc, GPU Pesaing GeForce dan Radeon

Dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Kamis (28/10/2021), enam varian prosesor Intel Alder Lake yang sudah unlock adalah sebagai berikut:

  • Intel Core i9-12900K
  • Intel Core i9-12900KF
  • Intel Core i7-12700K
  • Intel Core i7-12700KF
  • Intel Core i5-12600K
  • Intel Core i5-12600KF

Intel Executive Vice President dan General Manager Client Computing Group, Gregory Bryant mengatakan, prosesor Intel Core generasi ke-12 ini berbasis arsitektur performance hybrid terbaru dari Intel.

Prosesor Alder Lake ini menampilkan kombinasi dari Performance-cores (P-cores), CPU core berperforma paling tinggi yang pernah dirancang oleh Intel, dan Efficient-cores (E-cores) yang didesain untuk performa workload multi-thread yang memiliki skalabilitas tinggi.

"Performance hybrid architecture dari prosesor 12th Intel Core adalah lompatan arsitektur yang bisa dihasilkan berkat co-engineering yang erat antara software dan hardware, sehingga menghasilkan performa yang jauh lebih unggul dibandingkan generasi-generasi sebelumnya," kata Bryant.

Di samping itu, enam prosesor Intel Alder Lake yang sudah diluncurkan ini adalah prosesor pertama yang dibangun menggunakan teknologi proses Intel 7.

Baca juga: Bos Intel Prediksi Kelangkaan Chip Berlangsung hingga 2023

Menurut Intel, teknologi tersebut mampu menghadirkan performa yang scalable, dari 9 hingga 125 watt, untuk mendukung berbagai segmen PC dari laptop yang tipis dan ringan, hingga jenis enthusiast desktop dengan performa tertinggi.

Dijanjikan sebagai prosesor gaming terbaik di dunia

Intel Core i9-12900K. The Verge/ Tom Warren Intel Core i9-12900K.
Dari enam prosesor Alder Lake yang sudah unlock, varian Core i9-12900K menjadi prosesor flagship Intel yang dijanjikan sebagai prosesor gaming terbaik di dunia.

Core i9-12900K menawarkan total 16 core (8 P-core dan delapan E-core) dan 24 thread dan mampu mencapai kecepatan clock hingga 5.2 GHz menggunakan teknologi Intel Turbo Boost Max 3.0.

"P-cores yang memiliki frekuensi tinggi dipasangkan dengan E-cores mampu melakukan berbagai task secara pararel dengan FPS yang meningkat hingga 84% saat melakukan gaming, streaming, dan recording secara bersamaan," kata Intel.

Secara keseluruhan, Intel menjanjikan Core i9-12900K memiliki peningkatan kinerja 19 persen berkat arsitektur P-core baru, dibandingkan dengan chip Intel generasi ke-11.

Lima prosesor Alder Lake lainnya juga menawarkan jumlah core dan thread yang berbeda-beda, yaitu Core i9-12900KF (16 core, 24 thread), Core i7-12700K/KF (12 core, 20 thread), dan Core i5-12600K/KF (10 core, 16 thread).

Baca juga: Daftar Prosesor Terkencang Versi Master Lu, AMD atau Intel Juaranya?

Khusus untuk prosesor Alder Lake dengan embel-embel "K" dinamanya, sudah dilengkapi dengan dengan pengolah grafis terintegrasi Intel UHD Graphiscs 770. Sementara tiga model "KF" lainnya terlihat tidak menyertakan pengolah grafis terintegrasi ini.

Dalam keterangan tertulis, Intel mengklaim ada sejumlah kemajuan penting yang dihadirkan dalam jajaran lengkap keluarga Intel Alder Lake, yaitu:

  • Prosesor pertama di industri yang mendukung memori DDR5 dengan kecepatan hingga 4800MT/s.
  • Prosesor pertama di industri yang mendukung PCIe 5.0 (hingga 16 lane), yang menawarkan hingga dua kali throughput I/O pada PCIe 4.0, dengan tambahan hingga empat lane berkat dukungan PCIe 4.0.
  • Intel Smart Cache (L3) hingga 30MB dan L2 cache hingga 14MB untuk peningkatan kapasitas memori dan penurunan latensi.
  • Konektivitas wireless terintegrasi dengan Intel Killer Wi-Fi 6E, yang mengombinasikan konektivitas Wi-Fi 6E yang terdepan di industri dengan teknologi jaringan gaming yang powerful untuk meminimalisir lag, latensi, dan packet loss.
  • Kabel konektivitas universal Thunderbolt 4 terpisah untuk ekspansi ke perangkat eksternal.

Ketersediaan

Prosesor Intel Core generasi ke-12 yang sudah unlock ini akan mulai tersedia secara luas pada 4 November 2021.

Intel mengatakan, enam prosesor Alder Lake yang sudah diluncurkan dibanderol mulai dari 264 dollar AS (sekitar Rp 3,7 juta) sampai dengan 589  dollar AS (sekitar Rp 8,3 juta).

"Untuk segmen yang lebih luas seperti desktop, perangkat mobile, dan komersial, diperkirakan akan tersedia pada awal 2022," kata Intel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com