Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti Logo Meta yang Gantikan Jempol "Like" Facebook

Kompas.com - 29/10/2021, 13:28 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg mengumumkan perusahaan baru, Meta Platforms Inc.sebagai pengganti Facebook Inc., yang menaungi Facebook, Instagram, dan WhatsApp.

Perubahan nama ini salah satunya bertujuan agar perusahaannya memiliki identitas baru yang sejalan dengan visi masa depannya, yaitu menjadi perusahaan metaverse.

Itulah sebabnya, nama baru "Meta" sebagai pengganti Facebook Inc. ini juga diambil dari penggalan kata "metaverse".

Baca juga: Facebook Ingin Kembangkan Metaverse, Apa Itu?

Perubahan nama Facebook ini juga membawa perubahan logo. Jempol "Like" ikonik Facebook kini berubah menjadi logo Meta yang menyerupai pita berbentuk angka delapan.

Lantas apa arti logo Meta, yang gantikan logo jempol khas Facebook?

Arti logo Meta

Kata "meta" sendiri berasal dari kata Yunani yang berarti "melampaui". Meta juga menjadi sebuah prefiks/awalan, yang artinya "setelah" atau "sesudah", berlaku atau berubah menjadi tingkat yang lebih tinggi.

Sejumlah karyawan Facebook terlihat berfoto bersama di depan logo baru perusahaan, setelah Zuckerberg resmi mengubah nama perusahaan induk Facebook Inc menjadi Meta Platforms Inc pada Kamis, (28/10/2021).(AP Photo/Tony Avelar) Sejumlah karyawan Facebook terlihat berfoto bersama di depan logo baru perusahaan, setelah Zuckerberg resmi mengubah nama perusahaan induk Facebook Inc menjadi Meta Platforms Inc pada Kamis, (28/10/2021).

Dikutip KompasTekno dari BBC, Jumat (29/10/2021), Meta juga dalam kultur pop dapat diartikan untuk menyebut apabila sesuatu menjadi sadar akan dirinya sendiri (self-aware).

Untuk logo sendiri, Meta terlihat mengusung simbol pita membentuk angka delapan, yang menyerupai lambang infinite (tidak terbatas) atau pita mobius. Logo tersebut dibubuhi dengan warna biru khas Facebook.

Baca juga: Zuckerberg dan Karyawan Facebook Selfie dengan Logo Meta

Dari sini, pemilihan nama "Meta" sebagai pengganti "Facebook Inc." seperti menginsyaratkan bahwa perusahaan ingin melampaui apa yang sudah dilakukan perusahaan sejak berdiri 17 tahun lalu hingga saat ini, dan menuju yang tak terbatas.

Kini, logo baru "infinite" tersebut sudah dipajang di depan kantor pusat Meta yang berlokasi di Menlo Park, California, AS, sebagaimana

Sejumlah karyawan Facebook bahkan terlihat berusaha mengabadikan momen ini dengan berswafoto (selfie) di depan logo Meta.

Mark Zuckerberg selfie dengan logo Meta.Instagram/ @zuck Mark Zuckerberg selfie dengan logo Meta.
Beberapa di antaranya bahkan ikut mengajak rekan kerja untuk berfoto bersama dengan gaya dan ekspresi yang gembira.

Seakan tak mau ketinggalan, Zuckerberg selaku pendiri perusahaan, juga ikut selfie dengan logo persusahaan yang baru.

Melalui sebuah posting di Instagram, Zuckerberg mengunggah sebuah selfie denga logo Meta sebagai background gambar.

"Halo, Meta" tulis Zuckerberg melalui akun Instagram pribadinya @zuck.

Pantauan KompasTekno pada Jumat, (29/10/2021) pukul 09.00 WIB, posting tersebut telah mendapat like sebanyak 418.000 dan diramaikan oleh sekitar 13.000 komentar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com