Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Awal iPhone SE 3, Punya Layar Mirip iPhone XR?

Kompas.com - 29/10/2021, 14:08 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Apple meluncurkan iPhone SE generasi kedua pada 2020 lalu. Kini, perusahaan asal Cupertino, Amerika Serikat (AS) tersebut dikabarkan tengah mempersiapkan iPhone SE generasi ketiga.

iPhone SE 3 konon akan diperkenalkan pada 2022 mendatang. Bocoran mengenai spesifikasi iPhone SE 3 pun sudah mulai beredar di dunia maya, salah satunya muncul dari sebuah situs asal China, mydrivers.

Situs tersebut mengatakan bahwa dari segi desain, iPhone SE 3 bakal mengusung layar LCD, alih-alih OLED, dengan ukuran 4,7 inci, sama seperti tampilan iPhone 8. iPhone ini konon bakal menjadi iPhone terakhir yang menggunakan panel LCD.

Namun, disebutkan juga rumor yang menyebut bahwa iPhone SE 3 bakal memiliki layar yang lebih besar dari iPhone 8, yaitu 5,7 - 6,1 inci, dengan jenis dan bentuk layar, serta desain bodi yang menyerupai iPhone XR.

Baca juga: iPhone 13 Bisa Dipesan Mulai 12 November di Indonesia, Ini Perkiraan Harganya

Artinya, bezel di sekeliling layar iPhone 3 SE akan tipis, tidak seperti iPhone SE 2020 dengan "dahi" dan "dagu" yang tebal.

Meski disebut bakal mirip iPhone XR, poni atau notch lebar ikonik di ponsel anyar tersebut konon bakal digantikan dengan lubang punch hole. Jika benar, maka ini merupakan ponsel pertama Apple dengan kamera selfie yang dimuat di dalam lubang kamera.

Karena desain layarnya mirip iPhone XR, sensor biometrik Touch ID sendiri akan dipindahkan ke bagian bingkai ponsel, serupa dengan fitur Touch ID di jajaran produk iPad.

Beralih ke aspek hardware, iPhone SE 3 disinyalir bakal ditenagai dengan chipset yang membekali jajaran iPhone 13, yaitu Apple A15 Bionic, yang dilengkapi dengan dukungan konektivitas 5G pertama kalinya di seri iPhone SE.

Baca juga: Beli iPhone 13 Sekarang atau Tunggu iPhone 14?

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSMArena, Jumat (29/10/2021), iPhone SE 3 diprediksi bakal diluncurkan pada 2022 mendatang dengan banderol yang serupa dengan iPhone SE 2020, yaitu 400 dolar AS atau sekitar Rp 5,6 juta.

Apple sendiri belum memberikan informasi terkait iPhone SE generasi berikutnya. Namun apabila benar, maka akan banyak peningkatan di iPhone SE generasi ketiga ini, apabila dibandingkan dengan generasi sebelumnya, namun dengan harga yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com