Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meluncur 20 Tahun Lalu, Prototipe iPod Ternyata Sebesar MacBook

Kompas.com - 31/10/2021, 08:01 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Blog Panic

KOMPAS.com - Tak terasa bulan Oktober 2021 ini menandai sudah 20 tahun berlalu sejak peluncuran iPod Classic pertama buatan Apple. Sejak dirilis pada 23 Oktober 2021, iPod dengan cepat menjadi pemutar musik digital populer kala itu.

Hal ini tak lepas dari desain mungil nan ringkas sehingga memudahkan pengguna untuk mendengarkan iPod dimanapun dan kapanpun, serta kemampuan untuk menyimpan ribuan lagu.

Namun, prototipe perangkat iPod ternyata jauh dari kesan kecil. Ukurannya justru demikian besar sehingga bisa dibandingkan dengan laptop.

Baca juga: Situs Ini Hadirkan iPod Virtual, Bisa Putar Musik dan Main Game

Gambar prototipe iPod generasi pertama itu pertama kali dipublikasi oleh Panic, sebuah situs web yang didedikasikan untuk aplikasi pengembang dan game.

Dalam laman resminya, Panic menyertakan sebuah gambar perangkat berwarna kuning dengan ukuran cukup besar. Ukuran fisiknya paling tidak empat kali lebih besar bila dibandingkan dengan iPod generasi pertama.

Prototipe iPod generasi pertama dibandingkan dengan iPod Classic 2001.panic.com Prototipe iPod generasi pertama dibandingkan dengan iPod Classic 2001.
Outlet media Entrepreneur memperkirakan prototipe iPod generasi memiliki ukuran sebesar MacBook saar ini, yaitu kira-kira 13 inci. 

Dari gambar juga terlihat prototipe iPod itu memiliki sebuah layar kecil, dilengkapi dengan aksen roda klik, serta empat tombol hitam dengan keterangan up, down, left, dan right.

Di sisi atas perangkat juga terlihat ada lubang colokan headphone untuk mendengarkan musik.

Ketika dibongkar, ternyata isi prototipe iPod itu relatif minimalis. Terlihat hanya ada beberapa kabel yang menghubungkan beberapa elemen di dalam iPod.

Baca juga: Sejarah Apple yang Tak Jadi Bangkrut karena Microsoft

Di salah satu komponen  terdapat stempel tanggal bertuliskan "2001.9.3".

Menurut Panic, stempel tanggal itu menunjukkan bahwa prototipe ini dibuat pada 3 September 2001, atau sebulan sebelum iPod generasi pertama dirilis ke publik.

Yang menarik juga, prototipe ini menggunakan selotip untuk merekatkan beberapa bagian kabel ke cangkang perangkat, sehingga kabel terlihat tersusun rapi dan beraturan. Saat diperhatikan, prototipe iPod memiliki banyak ruang kosong yang mubazir.

Bagian dalam prototipe iPod Classic generasi pertama.Panic.com Bagian dalam prototipe iPod Classic generasi pertama.
Lalu, kenapa ukurannya besar sekali? Pencipta iPod, Tony Fadell, mengatakan bahwa prototipe awal iPod memang sengaja dibikin kelewat bongsor untuk menjaga kerahasiaan, supaya bentuk iPod yang sebenarnya kelak tak bocor ke publik.

"Kami membuatnya (dengan sangat cepat) sebelum rancangan desain akhirnya siap. Sengaja tak mirip iPod karena alasan kerahasiaan," ujar Fadell dalam sebuah kicauan di Twitter.

Kemudian hadirlah perangkat iPod yang diluncurkan pada Oktober 2001 silam, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari blog Panic, Minggu (31/10/2021).

Sejak iPod Classic generasi pertama, Apple telah meluncurkan produk iPod lainnya dengan ukuran lebih ringkas dan fitur makin canggih, seperti iPod Nano, iPod Shuffle, hingga iPod Touch.

Sayangnya, seiring berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi, popularitas iPod sebagai pemutar musik suah tergantikan oleh 'saudaranya' iPhone yang pertama kali mulai diperkenalkan Apple pada 2007 lalu.

Baca juga: Apple Hentikan Layanan Purna Jual untuk iPod Touch Generasi Ke-5

iPhone kemudian lebih diminati, karena bisa bekerja seperti smartphone sekaligus memutar musik dan video seperti iPod. 

Kini, Apple tidak lagi mengembangkan iPod dan telah menarik produk iPod Nano dan iPod Shuffle pada awal 2017. Sehingga, satu-satunya tipe iPod yang masih beredar di pasaran adalah iPod Touch.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Blog Panic
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com