Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Roket, Jeff Bezos Berambisi Bikin Stasiun Luar Angkasa

Kompas.com - 31/10/2021, 10:07 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Pendiri e-commerce Amazon, Jeff Bezos nampaknya memiliki rencana baru untuk perusahaan roketnya, yakni Blue Origin.

Setelah berhasil mengadakan tur wisata perjalanan luar angkasa dengan roket buatan perusahaan itu, Bezos kini  mempunyai ambisi untuk membangun sebuah stasiun luar angkasa bernama Orbital Reef.

Rencananya, Orbital Reef yang merupakan stasiun antariksa komersil ini akan memiliki luas sekitar 2.972 meter persegi dengan volume internal yang hampir sebesar International Space Station.

Baca juga: Jeff Bezos Sukses Terbang ke Luar Angkasa Selama 11 Menit

Di dalamnya bakal tedapat "hotel luar angkasa", serta area untuk melakukan penelitian. Hingga 10 orang bisa tinggal bersama di sana. 

Menurut pihak Blue Origin, Orbital Reef bakal dirancang dengan arsitektur sistem terbuka sehingga bisa digunakan oleh berbagai kalangan, tak terbatas hanya untuk pihak tertentu saja.

Orbital Reef disebut bakal bisa diakses oleh agensi luar angkasa, perusahaan media dan travel, perusahaan teknologi, hingga pengusaha dan investor.

Blue Origin juga mengklaim akan menyediakan layanan “end-to-end” bagi siapa saja yang ingin menggunakan layanan di stasiun, mulai dari transportasi, penyewaan ruang, bantuan teknologi hardware, hingga layanan robot.

Baca juga: Elok Musk Ejek Bentuk Roket New Shepard Milik Jeff Bezos

Dalam rangka mewujudkan ambisi baru Bezos ini, Blue Origin turut menggandeng Sierra Space, anak perusahaan bisnis dari Sierra Nevada Corporation, serta beberapa pihak lain seperti  Boeing, Redwire Space, Genesis Engineering Solutions, dan Arizona State University.

Meski telah mengumumkan agenda besarnya, pihak Blue Origin masih enggan mengungkap nilai anggaran untuk membangun proyek besar ini. Bezos sendiri berkomitmen menyediakan pendanaan 1 miliar dolar AS (sekitar Rp 14,1 triliun) tiap tahun untuk Blue Origin.

Dihimpun KompasTekno dari The Verge, Minggu (31/10/2021), proses pembangunan stasiun luar angkasa Orbital Reef diharapkan mulai beroperasi pada paruh kedua dekade ini, atau antara 2025 hingga 2030.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com