Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MacOS Monterey Bikin Sejumlah MacBook dan iMac Lawas Mati Total

Kompas.com - 02/11/2021, 12:03 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Mac Rumors

KOMPAS.com - Setelah diperkenalkan pada WWDC 2021 Juni lalu, Apple akhirnya merilis pembaruan sistem operasi (OS) desktop terbarunya, macOS Monterey ke publik pada 25 Oktober lalu. 

Meski demikian, pembaruan OS macOS 12 tersebut tampaknya dibekali dengan sebuah masalah (bug) yang membuat sejumlah komputer Mac (MacBook hingga iMac) model lawas mati total (bricked).

Setidaknya begitu menurut sejumlah pengguna MacBook yang belakangan ini berkeluh kesah di jejaring sosial Twitter, setelah mereka memperbarui macOS mereka dari Big Sur ke Monterey.

Baca juga: Jadwal Rilis MacOS Monterey dan Daftar Komputer Mac yang Kebagian

Beberapa pengguna MacBook dan MacBook Pro yang diproduksi tahun 2020 ke bawah, misalnya, mengatakan bahwa perangkat mereka mati total setelah memasang pembaruan macOS Monterey.

Ada pula seorang pengguna MacBook Air 2015 yang mengatakan bahwa perangkatnya mati setelah lima menit pemakaian. Ketika ingin dipakai kembali, perangkat itu bahkan terkadang tak mau menyala.

Di samping komputer portabel, pengguna iMac juga merasakan masalah yang sama. Seorang pengguna yang memiliki iMac 2017 mengatakan komputernya mati total setelah melakukan restart usai memperbarui OS ke macOS Monterey.

Model apa yang terdampak?

Tampilan MacOS MontereyApple Insider Tampilan MacOS Monterey

Sekadar informasi, macOS 12 mendukung sejumlah komputer Mac dengan model berikut ini:

  • MacBook, awal 2016 dan yang terbaru
  • MacBook Air, awal 2015 dan yang terbaru
  • MacBook Pro, awal 2015 dan yang terbaru
  • Mac Pro, akhir 2013 dan yang terbaru
  • Mac Mini, akhir 2014 dan yang terbaru
  • iMac, akhir 2015 dan yang terbaru
  • iMac Pro, tahun 2017 dan yang terbaru

Belum diketahui secara pasti MacBook atau iMac versi mana yang terdampak bug macOS Monterey ini. Sebab, Apple pun belum buka suara terkait masalah yang melanda sejumlah pengguna macOS terbarunya ini.

Baca juga: Update iOS 15.1 Meluncur, Ini Fitur Baru dan Daftar Bug yang Diperbaiki

Yang jelas, bug tersebut diklaim tak mempengaruhi jajaran Macbook atau iMac yang ditenagai dengan chip bikinan Apple, M1, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari MacRumors, Selasa (2/11/2021).

Nah, apabila Anda termasuk pengguna komputer Mac yang terdampak bug tadi, Anda bisa melakukan restore terhadap firmware perangkat Anda. Informasi terkait solusi ini bisa dibaca di laman Apple Support melalui tautan berikut ini.

Sedangkan bagi yang belum memperbarui komputer Mac Anda ke macOS Monterey, ada baiknya untuk bersabar sedikit sebelum Apple memperbaiki bug tersebut.

Saat ini, Apple sendiri konon tengah menguji coba pembaruan OS macOS Monterey versi 12.1. Namun, belum diketahui apakah itu akan memperbaiki masalah yang dialami sebagian pengguna Mac tadi atau tidak. Kita nantikan saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mac Rumors
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com