Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Dilaporkan Mulai Produksi Galaxy S22

Kompas.com - 02/11/2021, 20:30 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Winfuture

KOMPAS.com - Menjelang akhir tahun 2021, rumor soal kehadiran ponsel flagship Samsung selanjutnya yang diyakini bernama Galaxy S22 series, terus berdatangan.

Yang paling baru, lini Galaxy S22 disebutkan sudah memasuki tahap produksi massal. Kabar ini pertama kali dilaporkan oleh outlet media asal German, WinFuture.

Berdasarkan informasi yang diperoleh WinFuture, Samsung sudah mulai melakukan produksi massal sejumlah komponen utama yang akan digunakan pada tiga model Galaxy S22 series.

Ketiga model tersebut yaitu Galaxy S22 "reguler" (nomor model SM-S901), Galaxy S22 Plus (SM-S906), dan Galaxy S22 Ultra (SM-S908).

Tidak disebutkan secara spesifik apa saja komponen utama yang sudah mulai diproduksi oleh Samsung di pabrik Asia sejak pertengahan pekan lalu itu.

Baca juga: Riset IDC: Pengiriman Ponsel Turun, Samsung Nomor Satu Dunia

Namun, WinFuture menyebutkan, komponen berupa kabel fleksibel masuk dalam daftar produksi massal tersebut. Kabel fleksibel ini sendiri berguna untuk menghubungkan berbagai papan sirkuit di ponsel lini Galaxy S22.

Menurut WinFuture, target volume produksi komponen utama Galaxy S22 series juga telah meningkat menjadi puluhan ribu unit sejak akhir pekan lalu.

Kabar produksi massal ini semakin menguatkan rumor bahwa Samsung akan memperkenalkan Galaxy S22 series pada periode yang sama dengan Galaxy S21 series, yakni sekitar bulan Januari 2022 mendatang.

Samsung biasanya memulai produksi massal ponsel barunya sekitar dua hingga tiga bulan sebelum dirilis. Jadi, laporan WinFuture ini sejalan dengan rumor peluncuran awal 2022 tersebut, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari WinFuture, Selasa (2/11/2021).

Bocoran spesifikasi Galaxy S22 series

Sebelum kabar produksi massal ini mencuat, bocoran spesifikasi trio Galaxy S22 series sudah banyak berseliweran di internet. Mulai dari informasi detail soal layar, kapasitas baterai, dan konfigurasi kamera.

Kabar ini berasal dari pembocor ternama, Ice Universe dan akun Twitter @FrontTron. Sebagai informasi, kedua pembocor tersebut memiliki reputasi yang meyakinkan terkait bocoran gadget terbaru.

Dari segi ukuran layar, Galaxy S22 reguler, plus, dan ultra disinyalir akan dibekali layar seluas 6,6 inci, 6,55 inci, dan 6,81 inci.

Dari segi kamera, Galaxy S22 versi "reguler" dan "plus" konon akan dibekali dengan tiga kamera belakang dengan konfigurasi yang sama persis.

Adapun tiga kamera belakang tersebut terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.55), kamera ultra wide 12 MP, dan kamera telefoto 12 MP (zoom optic 3X).

Baca juga: Samsung Dilarang Jual Smartphone Lipat di Rusia

Sementara Galaxy S22 Ultra akan dibekali empat kamera belakang, yaitu kamera utama 108 MP, kamera ultra wide 12 MP, kamera telefoto 12 MP (zoom optic 3X), dan kamera telefoto 12 MP (zoom optic 10X).

Rumor lain menyebutkan, kamera utama Galaxy S22 Ultra akan menggunakan sensor Olympus 200 MP.

Untuk baterai, trio Galaxy S22 series ini disebut akan dibekali dengan kapasitas yang berbeda-beda, mulai dari 3.800 mAh hingga 5.000 mAh dengan dukungan fast charging 65 watt.

Bocoran lainnya, Galaxy S22 disinyalir bakal ditenagai chipset suksesor dari Snapdragon seri 888, yakni bernama Snapdragon 898/895 atau chipset Exynos 2200.

Untuk Galaxy S22 Ultra, model ini masih akan mendukung aksesori pena digital stylus S Pen, seperti Galaxy S21 Ultra sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Winfuture
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com