Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makna dan Asal-usul Logo Meta, Perusahaan Induk Baru Facebook

Kompas.com - 05/11/2021, 07:05 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selamat tinggal Facebook Inc, selamat datang Meta. Setelah 17 tahun, perusahaan yang didirikan oleh Mark Zuckerberg itu akhirnya resmi melakukan pergantian nama.

Pergantian nama ini juga diikuti dengan perubahan logo. Facebook Inc yang semula memiliki logo "Like" kini berganti menjadi Meta dengan logo yang menyerupai simbol "infinity" (tidak terbatas).

Simbol "infinity" ini sebenarnya sudah banyak diadopsi untuk dijadikan logo perusahaan. Lantas, apa yang spesial dari logo baru Meta ini dan bagaimana asal-usulnya?

Dalam sebuah unggahan di laman resmi, perusahaan menjelaskan lebih detail soal keistimewaan logo Meta yang menyerupai simbol "infinity" itu.

Namun, sebelum itu, untuk memahami makna logo Meta, perlu diketahui arti dari nama baru perusahaan itu terlebih dahulu.

Baca juga: Mengenal Meta, Perusahaan Baru Facebook, Instagram, dan WhatsApp

Perusahaan menjelaskan, "Meta" dipilih sebagai nama baru Facebook Inc karena kata ini bisa berarti "beyond" atau "melampaui", sejalan dengan visi Facebook untuk membangun "Metaverse".

"Dengan metaverse, kita bisa melampaui batasan layar, batas jarak, dan bahkan fisika. Meta adalah pengingat bahwa selalu ada lebih banyak hal untuk diciptakan," tulis Meta.

Untuk mewakili visi Meta itulah perusahaan akhirnya memilih logo menyerupai simbol "infinity".

Logo live motion

Yang istimewa, Meta mengatakan, logo ini digambar menggunakan teknologi virtual reality (VR) Quest milik perusahaan sendiri.

Menurut Meta, proses desain logo perusahaan tidak dilakukan secara tradisional, yakni dalam format dua dimensi saja (2D).

Namun, logo baru Meta sengaja dibuat menjadi logo bergerak dengan gerakan meliuk unik secara terus menerus. Selama pergerakannya, logo ini dapat memberikan kesan 2D dan 3D sekaligus.

Karena itulah, logo Meta sebenarnya bisa menampilkan bentuk yang berbeda-beda, tergantung perspektif atau sudut pandang orang yang melihatnya. Di satu sisi, logo Meta bisa mirip seperti simbol "infinity".

"Bentuk ini melambangkan cakrawala tak terbatas di Metaverse," tulis pihak Meta.

Namun, bila dilihat dari sisi lain, logo Meta juga menyerupai huruf "M", yang tak lain ialah untuk merepresentasikan nama Meta itu sendiri.

Baca juga: Instagram dan WhatsApp Ganti Nama Facebook Menjadi Meta

Perusahaan menjelaskan, logo Meta menggunakan tekstur, warna, dan gerakan tanpa batas, guna menangkap kreativitas dan imajinasi dunia 3D. Dunia 3D inilah yang menjadi ide dasar dari Metaverse, visi masa depan Meta.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com