Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Diminta Bayar Rp 287 Miliar gara-gara Ganti Nama Jadi Meta

Kompas.com - 06/11/2021, 12:01 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber TMZ

KOMPAS.com - Perusahaan Facebook Inc. yang menaungi media sosial Facebook, Instagram, dan WhatsApp pekan llau resmi berganti nama menjadi Meta Platforms Inc. "Meta" pun menjadi merek dagang baru untuk layanan-layanan medsos tersebut.

Namun, nama "Meta" ternyata sudah lebih dulu digunakan pihak lain sebagai trademark, yakni oleh Meta PC LLC untuk produk-produk  komputer, laptop, tablet, software, dan lain-lain yang terkait teknologi.

Baca juga: Mengenal Meta, Perusahaan Baru Facebook, Instagram, dan WhatsApp

Meta PC telah mengajukan trademark "Meta" secara resmi ke Kantor Paten dan Merek Dagang AS (USPTO) pada Agustus 2021. Facebook pun berpotensi terlibat konflik kepemilikan hak atas merek dagang "Meta" dengan Meta PC. 

Duo pendiri Meta PC, Zack Shutt dan Joe Darger mengatakan mereka bersedia mundur dari pengajuan trademark atas nama Meta, asalkan Facebook membayar uang senilai 20 juta dollar AS atau sekitar Rp 287 miliar.

Dokumen pendaftaran merek dagang Meta dari perusahaan Meta PC.TMZ Dokumen pendaftaran merek dagang Meta dari perusahaan Meta PC.

Bayaran yang diminta itu terkesan tinggi. Namun, biaya yang mesti dikeluarkan Facebook untuk kembali berganti nama -apabila permohonan trademark Meta PC atas nama Meta sudah dikabulkan USPTO nanti- bisa jauh lebih besar.

Meta PC sendiri didirikan pada November 2020. Perusahaan kecil yang memiliki 25 orang karyawan ini baru mengajukan trademark untuk melindungi merek dagangnya pada pertengahan 2021.

Baca juga: Zuckerberg Jadi Batu Sandungan untuk Meta, Nama Baru Facebook

Dalam bayang-bayang Facebook, raksasa teknologi yang kini memiliki nama sama dengan mereka, Meta masih bisa menanggapi potensi konflik tersebut dengan humor.

Pada akhir Oktober lalu, akun resmi Meta di Twitter mengunggah video candaan yang memparodikan cara CEO Facebook, Mark Zuckerberg, mengumumkan nama baru perusahaannya.

"Untuk merefleksikan siapa diri kami dan apa yang kami ingin bangun, saya dengan bangga mengumumkan bahwa kami sekarang bernama Facebook," ujar Zack Shutt dalam video tersebut. 

Kesamaan nama Meta PC dengan Meta Inc (Facebook) turut membawa berkah berupa peningkatan jumlah follower sebanyak 5.000 persen di kanal-kanal media sosial Meta PC.

Akan halnya Facebook, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TMZ, Sabtu (6/10/2021), tech giant ini terkesan tak risau. Menurut sumber yang dekat dengan persoalan ini mengatakan Facebook yakin memiliki hak yang diperlukan untuk memakai nama Meta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TMZ
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com