Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mudah Ganti Browser Default di HP Xiaomi

Kompas.com - 12/11/2021, 12:10 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ketika membeli ponsel baru, pengguna biasanya mau tidak mau harus menggunakan aplikasi default bawaan perangkat. Misalnya aplikasi browser atau peramban.

Biasanya, setiap merk smartphone memiliki browser-nya masing-masing, termasuk Xiaomi. Xiaomi memiliki browser web bawaan bernama Mi Browser.

Bagi pengguna setia browser lain, seperti Chrome, Opera, atau Firefox, hal tersebut bakal membuat pengalaman berselancar di internet menjadi kurang nyaman. Sebab, antarmuka dan fitur-fitur di Mi Browser berbeda dan asing.

Namun, pengguna tak perlu pusing. Pasalnya, Xiaomi masih memperbolehkan pengguna untuk mengganti pilihan web browser di ponselnya sesuai dengan preferensinya masing-masing.

Caranya mengganti Mi Browser dengan browser lain juga terbilang mudah. Berikut KompasTekno berikan panduan mengganti browser default di HP Xiaomi.

Sebagai catatan, dalam tutorial ini, KompasTekno menggunakan ponsel Xiaomi 11T Pro dengan Android 11 dan antarmuka MIUI 12.5.1, berikut caranya:

Baca juga: Serupa tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Xiaomi 11T vs 11T Pro

Cara mengganti browser bawaan Mi Browser di HP Xiaomi, dengan broser Chrome atau lainnya.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Cara mengganti browser bawaan Mi Browser di HP Xiaomi, dengan broser Chrome atau lainnya.

  • Pertama, pengguna perlu mengunduh browser kesukaannya masing-masing. Khusus untuk Chrome, pengguna tak perlu repot-repot mengunduhnya lagi sebab sudah menjadi aplikasi bawaan di ponsel Xiaomi.
    Namun, bagi pengguna browser lainnya seperti Opera, Firefox, UC Browser dan lainnya, perlu install browser kesukannya secara mandiri di toko aplikasi Google Play Store.
  • Kedua, setelah browser pilihan sudah di-install di ponsel, pengguna hanya perlu buka menu pengaturan atau "Settings".
  • Setelah itu, klik "Apps" > "Manage Apps" > klik titik tiga vertikal > "Default apps"
  • Terakhir, klik "Browser" > pilih browser favorit pengguna (Chrome, Opera, Firefox, atau lainnya)

Dengan begitu, Mi Browser sudah lagi tak menjadi browser bawaan. Selanjutnya, pengguna bisa membuka setiap tautan melalui browser favoritnya.

Baca juga: Konfigurasi Sama, Ini Bedanya Kamera Xiaomi 11T dan Xiaomi 11T Pro

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com