Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Siapkan Tombol Khusus Macro untuk Kamera iPhone 13 Pro

Kompas.com - 15/11/2021, 13:09 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber MacRumors

KOMPAS.com - Kamera ultra wide di iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max memiliki kemampuan macro untuk memotret obyek dari jarak sangat dekat. Mode macro akan otomatis diaktifkan berdasarkan deteksi jarak obyek.

Kadang kala mode macro ini aktif di saat yang tidak diinginkan. Pengguna hanya bisa mematikannya alias beralih ke mode pemotretan normal dengan membuka Settings untuk mematikan mode macro.

Untuk mengatasi kerepotan tersebut, Apple kabarnya bakal menambahkan tombol alias toggle khusus macro di aplikasi kamera iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max, sehingga pengguna bisa mengaktifkan atau mematikan mode macro dengan lebih praktis.

Baca juga: iPhone 13 Sudah Bisa Dipesan di Indonesia, Harga Rp 13 Juta hingga Rp 31 Juta

Keberadaan fitur tersebut diketahui lewat versi beta kedua dari iOS 15.2 yang disalurkan ke developer aplikasi, Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Macrumors, Senin (15/11/2021).

Aaron Zollo dari kanal YouTube zollotech mengungkapkan, di versi sistem operasi ini, aplikasi kamera iPhone 13 Pro akan menampilkantombol macro dengan ikon bergambar bunga di sisi bawah layar. Fungsinya tak lain untuk menyalakan dan mematikan mode macro.

Ilustrasi ikon fitur macro di tampilan kamera iOS 15.2.Twitter.com/DylanMcD8 Ilustrasi ikon fitur macro di tampilan kamera iOS 15.2.

"Begitu Anda mendekati obyek, ikon bunga ini akan muncul. Lalu Anda bisa mematikan macro atau mengaktifkannya agar bisa memotret dari jarak sangat dekat," ujar Zollo dalam video demonstrasi fitur iOS 15.2 yang diunggahnya ke YouTube.

Dengan toggle tersebut, mode macro juga bisa dikunci agar terus aktif, sehingga kamera ponsel tak bolak-balik berganti dari mode macro ke mode normal dan sebaliknya.

Baca juga: Ini Model iPhone 13 Paling Diminati di Indonesia, Sampai Ludes di Pre-order iBox

Selain ikon macro di aplikasi kamera, iOS 15.2 juga dibekali dengan sejumlah peningkatan fitur lainnya seperti Legacy Contacts, pemindaian perangkat hilang via Find My, dan pembaruan Communcation Safety.

Ada juga fitur baru seperti App Privacy Report, peningkatan dari fitur Emergency SOS, dan tampilan Notification Summary yang dirombak.

Saat ini, iOS 15.2 sendiri masih dalam tahap beta dan tengah diuji coba oleh para pengembang. Belum diketahui kapan update iOS versi ini bakal bisa dijajal pengguna iPhone secara luas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber MacRumors
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com