Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Uji Coba Fitur Moderator untuk Live Streaming

Kompas.com - 17/11/2021, 14:25 WIB
Conney Stephanie,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Instagram tengah menyiapkan fitur baru untuk para penggunanya. Kali ini, media sosial di bawah naungan Meta tersebut kedapatan menguji coba fitur moderator untuk siaran live.

Tanda-tanda kehadiran fitur tersebut pertama kali diungkap oleh seorang pengembang aplikasi bernama Alessandro Paluzzi.

Lewat unggahan di akun Twitter-nya (@alex193a), Paluzzi membagikan tangkapan layar yang mengungkap adanya opsi "Add a Moderator" di menu pengaturan Live Instagram.

Dari tangkapan layar yang diunggah, pengguna yang berperan sebagai moderator nantinya akan memiliki kendali untuk mematikan beberapa opsi seperti komentar di kolom live chat, izin untuk bergabung, mengajukan pertanyaan, dll.

Baca juga: Instagram Tawarkan Bonus Ratusan Juta untuk Kreator Reels

Selama ini, peran "moderator" sendiri hanya bisa dilakukan oleh pengguna yang membuat sesi live tersebut. Sehingga, hal ini bisa cukup merepotkan jika dilakukan sendiri oleh pembuat sesi live.

Menurut Paluzzi, dengan fitur ini pengguna yang memulai sesi live akan dapat menambahkan satu orang moderator untuk membantu saat live berlangsung sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Gadgets NDTV, Rabu (17/11/2021).

Tombol "Like" untuk Stories

Di samping itu, Instagram juga disebut tengah mengembangkan fitur baru lainnya yaitu fitur yang memungkinkan pengguna dapat memberikan "Like" pada unggahan Stories.

Berdasarkan tangkapan layar yang dibagikan, tombol "Like" akan terlihat di deretan daftar penonton Instagram Stories, tepatnya di samping foto profil. Konon, fitur ini sudah mulai diuji coba sejak Agustus 2021 lalu.

Baca juga: Instagram Reels Dapat Fitur Voice Effects, Begini Cara Menggunakannya

Karena masih dalam tahap uji coba, besar kemungkinan bahwa Instagram masih akan melakukan penyesuaian, sebelum membawa dua fitur baru ini ke versi final. Instagram juga belum memastikan kapan kedua fitur tersebut akan diluncurkan secara resmi kepada publik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com