Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Tutup Aplikasi Pesan Threads Akhir 2021

Kompas.com - 18/11/2021, 12:01 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Usia aplikasi pesan instan Instagram Threads tidak panjang. Pasalnya, Instagram akan menutup aplikasi yang diluncurkan 2019 lalu itu pada akhir 2021 ini.

Threads adalah aplikasi pesan yang terpisah dari Instagram. Konsepnya serupa dengan Facebook Messenger, di mana pengguna Instagram bisa mengirim pesan pribadi berupa Direct Message (DM).

Instagram berencana untuk mengumumkan pemberitahuan ini secara langsung melalui aplikasi Threads mulai 23 November mendatang.

Saat dukungan aplikasi berakhir, Threads akan secara otomatis dihapus dari platform Google Play Store dan App Store.

Nantinya, semua fitur yang awalnya tersedia di Threads akan dialihkan ke aplikasi utama Instagram.

Pengguna pun disarankan untuk kembali menggunakan aplikasi Instagram apabila ingin tetap dapat mengirimkan pesan kepada kerabat mereka melalui Direct Message.

Baca juga: Evolusi Konten Video di Instagram, dari Feed hingga Reels

Keputusan ditutupnya Threads nampaknya dilatarbelakangi oleh kehadiran fitur terbaru yang belum lama ditambahkan pada aplikasi yang berada di bawah naungan Meta.

Aplikasi Threads di InstagramInstagram Aplikasi Threads di Instagram
Meta telah mengintegrasikan layanan Instagram dan Facebook Messenger sehingga masing-masing pengguna aplikasi bisa saling berkirim pesan langsung (Direct Message/DM).

Instagram mengaku ingin memfokuskan layanan berbagi pesan miliknya dengan tidak membagi perhatiannya dalam dua aplikasi yang berbeda.

"Kami sekarang memfokuskan upaya kami untuk meningkatkan cara Anda terhubung dengan teman dekat di Instagram, dan menghentikan aplikasi Threads," ujar juru bicara Instagram.

Instagram juga menyebut bahwa pihaknya akan merilis fitur perpesanan baru di aplikasi utama Instagram, setidaknya hingga beberapa bulan ke depan.

Sebagai informasi, Threads merupakan sebuah aplikasi yang diperkenalkan pertama kali oleh Instagram pada tahun 2019 lalu.

Baca juga: Instagram Luncurkan Threads, Aplikasi Pesan Instan Berbasis Foto

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Tech Crunch, Kamis (18/11/2021), aplikasi ini ditujukan untuk menggantikan aplikasi pesan instan yang dirancang khusus untuk layanan Instagram, yaitu Direct.

Mulanya, Threads menyediakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk berbagi foto, video dan status dengan teman yang sudah dipilih sebagai "close friend" (teman dekat) di aplikasi Instagram utama.

Hingga pada tahun 2020, Threads akhirnya mendapat sejumlah penambahan fitur. Pengguna dapat mengirim pesan langsung ke teman dekat dan juga orang lain yang pernah bercakap sebelumnya lewat fitur Direct Message Instagram.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com