Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmi, Pengguna Bisa Beli Suku Cadang dan Perbaiki Sendiri iPhone yang Rusak

Kompas.com - 18/11/2021, 15:09 WIB
Conney Stephanie,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Apple

KOMPAS.com - Apple resmi mengumumkan program terbaru untuk pelanggan bernama Self Service Repair. Sesuai namanya, melalui program ini, pengguna perangkat Apple akan dapat memperbaiki perangkat mereka sendiri tanpa perlu pergi ke tempat perbaikan resmi.

Dengan metode pelayanan mandiri ini pengguna produk Apple akan dapat memperoleh suku cadang, alat perbaikan, dan panduan perbaikan resmi langsung dari Apple.

Sebelumnya, suku cadang resmi Apple dan peralatan untuk perbaikan perangkat hanya dapat diperoleh oleh teknisi di Apple Store, Apple Authorized Service Providers (AASP), atau Independent Repair Provider yang tersebar di sejumlah negara.

Program ini baru akan berjalan pada 2022 mendatang. Rencananya, program ini akan dimulai di wilayah Amerika Serikat dan segera diperluas ke negara-negara lain secara bertahap.

Pada tahap pertama, suku cadang dan alat-alat perbaikan akan tersedia untuk perangkat iPhone 12 dan iPhone 13. Kemudian akan tersedia pula untuk perangkat komputer Mac dengan chip M1.

Baca juga: Bukan iPhone, Bos Apple Sarankan Beli Android kalau Ingin Fitur Ini

Pada tahap awal ini ada tiga jenis suku cadang yang akan ditawarkan Apple lewat program Self Service Repair, yaitu layar iPhone, baterai, dan kamera. Sedangkan, untuk jenis perbaikan lainnya akan ditambahkan secara bertahap hingga akhir tahun 2022.

Kendati demikian, belum dijelaskan berapa biaya yang harus dikeluarkan pengguna untuk mendapat ketiga jenis suku cadang tersebut.

"Memberikan akses ke suku cadang asli Apple, akan memberi pelanggan kami lebih banyak pilihan jika perbaikan diperlukan," kata Jeff Williams, Chief Operating Officer Apple.

Program ini sebenarnya ditujukan untuk pengguna yang memang memiliki pengalaman atau pengetahuan soal perbaikan alat elektronik.

"Untuk sebagian besar pelanggan, mengunjungi penyedia layanan perbaikan profesional dengan teknisi bersertifikat yang menggunakan suku cadang asli Apple adalah cara paling aman dan paling andal untuk mendapatkan perbaikan," tulis Apple di halaman resminya. 

Bagi pengguna yang ingin memperbaiki perangkat Apple mereka sendiri, ada beberapa hal yang harus dilakukan.

Pengguna harus meninjau petunjuk perbaikan terlebih dahulu, kemudian pengguna melakukan pemesanan suku cadang resmi Apple atau komponen yang dibutuhkan lewat Apple Self Service Repair Online Store.

Baca juga: iPhone 12 Rusak Ditolak Servis Resmi, Bagaimana Ketentuan Apple?

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Apple Newsroom, Kamis (18/11/2021), pengguna juga bisa mengembalikan suku cadang yang sudah tidak terpakai ke Apple untuk didaur ulang. Nantinya, pengguna akan mendapat "balasan" dari Apple. 

Layanan Apple Self Service Repair Online Store ini menawarkan lebih dari 200 suku cadang resmi dan alat yang memungkinkan pelanggan dapat memperbaiki perangkat mereka sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Apple
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com