Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Game Fortnite Resmi Ditutup di China

Kompas.com - 18/11/2021, 16:03 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Setelah hampir tiga tahun melakukan serangkaian tes dan pengujian, Fortnite akhirnya resmi hengkang dari China. Epic Games selaku pengembang sudah memberitahukan kabar penutupan game battle royale ini kepada pemain asal China sejak akhir Oktober lalu.

Melalui laman resmi Fortnite China, Epic Games mengumumkan bakal menghentikan proses pendaftaran pemain baru dan menutup akses unduhan aplikasi mulai 1 November 2021.

Langkah tersebut kemudian disusul dengan penutupan server Fortnite di China mulai 15 November lalu. Dengan kata lain, mulai tanggal tersebut, Fortnite tidak bisa lagi dimainkan di Negeri Tirai Bambu.

Baca juga: 5 Game Battle Royale Selain PUBG Mobile dan Fortnite

Di luar beta test selama tiga tahun sejak 2018 tersebut, Game Fortnite sendiri sebenarnya tak pernah benar-benar diluncurkan di China karena tak kunjung mendapat persetujuan pemerintah yang diperlukan untuk merilis sebuah game.

Proses untuk memperoleh approval pemerintah tersebut dari tahun ke tahun semakin sulit. Terlebih, pemerintah China belakangan makin memperketat regulasi untuk game online.

Itulah yang disinyalir menjadi penyebab Fortnite hengkang, meskipun Epic Games tidak mengungkapkan alasan pastinya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Gizmochina, Kamis (18/11/2021).

Baca juga: China Larang Anak di Bawah 16 Tahun Bikin Konten Live Streaming

Sebelumnya, pemerintah China telah menerbitkan sejumlah aturan untuk membatasi kegiatan warga muda bermain game online dan media sosial.

Pada Agustus lalu misalnya, mulai berlaku peraturan remaja di bawah umur 18 tahun hanya diperbolehkan untuk bermain game selama satu jam per hari, yakni pada pukul 20.00-21.00 saja. Itupun dibatasi hanya boleh di hari Jumat, Sabtu, Minggu, serta hari libur nasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizmochina
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com