Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konten Instagram Stories Kini Bisa Di-Like, Begini Caranya

Kompas.com - 19/11/2021, 07:53 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Instagram sedang menguji coba fitur Like pada kolom Stories. Seperti namanya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk memberikan Like alias penanda bahwa mereka menyukai unggahan Stories yang sedang dilihat.

Pantauan KompasTekno, notifikasi uji coba ini mulai muncul di kalangan pengguna Instagram di Indonesia  sejak Kamis (18/11/2021) malam tadi.

"Kami sedang menguji satu cara untuk bereaksi terhadap Stories tanpa mengirim direct message. Hanya pengunggah Stories yang bisa melihat bahwa Anda memberikan Like," bunyi keterangan di notifikasi tersebut.

Baca juga: Cara Menambah Link Sticker Swipe Up di Instagram Stories

Untuk memberikan Like, pengguna bisa membuka Stories dan menekan ikon dengan simbol hati yang terletak di sebelah kolom komentar. Pengunggah konten Stories yang bersangkutan akan mendapat notifikasi berbunyi "(Nama pengguna) liked your story".

Apabila notifikasi tersebut ditekan, pengunggah akan dibawa ke konten Stories yang mendapat react serta dapat melihat daftar orang yang memberikan Like melalui menu Viewers.

Orang yang memberikan Like akan ditandai dengan kehadiran ikon berbentuk hati yang bisa ditemukan di sebelah kanan foto profil mereka.

Fitur Like di Stories yang hadir di Instagram.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Fitur Like di Stories yang hadir di Instagram.

Tanda-tanda kehadiran fitur Like di Stories sebenarnya sudah terdengar sejak beberapa waktu belakangan. Fitur ini pernah diungkap oleh seorang pengembang aplikasi bernama Alessandro Paluzzi.

Pada 5 Oktober lalu, Paluzzi mengunggah sebuah posting di Twitter yang menunjukkan tangkapan gambar seputar fitur Like yang akan hadir pada unggahan Stories.

Baca juga: Instagram Punya 2 Fitur Baru, Goyang Ponsel dan Hapus Foto Carousel

"Like pada Stories akan muncul pada unggahan Stories, tepatnya di tempat yang sama dengan daftar penonton," tulis Paluzzi.

Selain membocorkan fitur Like pada Stories, Paluzzi turut membeberkan beberapa fitur Instagram lainnya termasuk adanya opsi "Add a Moderator" di menu pengaturan Live Instagram.

Berdasarkan tangkapan layar yang diunggah, pengguna nantinya dapat menambahkan Moderator selama sesi Live Instagram berlangsung.

Moderator tersebut akan memiliki kendali untuk mengontrol proses berjalannya Live di Instagram layaknya si pembuat Live Instagram.

Baca juga: Instagram Uji Coba Fitur Moderator untuk Live Streaming

Adapun beberapa tugas yang bisa dilakukan Moderator antara lain mematikan beberapa opsi, seperti komentar di kolom live chat, izin untuk bergabung, mengajukan pertanyaan, dan masih banyak lagi.

Hingga saat ini, Instagram baru menggulirkan fitur Like di Stories untuk pengguna di Indonesia. Masih belum jelas kapan fitur Add a Moderator akan ditambahkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com