Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo A95 Versi Indonesia Dilengkapi NFC, Beda dari Malaysia

Kompas.com - 19/11/2021, 15:59 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo baru saja meluncurkan smartphone A-series terbarunya, yaitu Oppo A95 di Indonesia pada Kamis (18/11/2021). Sebelum dirilis di Tanah Air, smartphone Oppo A95 lebih dulu hadir di Malaysia.

Secara umum, spesifikasi Oppo A95 yang dipasarkan di Indonesia dan Malaysia terbilang sama. Namun, ada satu fitur istimewa yang ditambahkan pada Oppo A95 yang dijual di dalam negeri, yaitu Near Field Communication atau NFC.

PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto mengungkapkan, penambahan fitur NFC pada Oppo A95 yang dipasarkan di Tanah Air itu telah disesuaikan dengan permintaan pasar di dalam negeri.

Baca juga: Oppo A95 Resmi Meluncur di Indonesia

Aryo menjelaskan, pada dasarnya, spesifikasi dari masing-masing ponsel Oppo itu adalah kewenangan dari tiap-tiap wilayah atau negara untuk mengubah dan menambahkan fitur-fitur ke ponsel yang ingin dipasarkan.

Jadi, Oppo Indonesia sendiri memilih menambahkan fitur NFC pada Oppo A95, berbeda dengan Oppo A95 versi Malaysia.

"Kenapa harus diubah? Karena itu harus disesuaikan dengan tuntutan dari konsumen di sini (Indonesia) atau target market konsumen di sini ," kata Aryo saat dihubungi KompasTekno, Jumat (19/11/2021).

Baca juga: Apa Itu NFC pada Smartphone dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Ia membenarkan, bahwa target market Oppo A95 di Indonesia menuntut adanya fitur NFC.

"Ribut-ribut permintaan netizen itu juga kadang-kadang menjadi perhatian (Oppo). Mereka minta NFC dan lain-lainya, makanya Oppo A95 dilengkapi dengan NFC," kata Aryo.

Tren cashless

Bertransaksi menggunakan fitur NFC di ponsel pintar.Dok. Oppo Indonesia Bertransaksi menggunakan fitur NFC di ponsel pintar.
NFC alias Near Field Communication sendiri adalah salah satu fitur yang memungkinkan komunikasi pertukaran data dari jarak dekat.

Menurut Aryo, salah satu hal yang menjadi pertimbangan penambahan fitur NFC ke Oppo A95 versi Indonesia tak luput dari tren pembayaran cashless (non-tunai) yang semakin menanjak.

"Di Indonesia tren pembayaran cashless juga sudah sedikit merata. Mungkin itu yang dilihat oleh pusat juga, sehingga akhirnya menambahkan fitur NFC di produk ini," kata Aryo.

Fitur NFC memang banyak dimanfaatkan untuk keperluan pembayaran cashless. Paling sering, NFC digunakan untuk mempermudah pengisian saldo (top-up) kartu uang elektronik.

Baca juga: 5 Fitur Unggulan Oppo A95 yang Dibanderol Rp 4 Juta

Berkat NFC, pengguna tak perlu repot berhenti di ATM atau mini market hanya untuk isi ulang kartu uang elektronik. Dengan begitu, pengguna juga bisa lebih hemat waktu saat diperjalanan.

Selain pembayaran cashless, NFC juga memungkinkan komunikasi pertukaran data dari jarak dekat lainnya, seperti bertukar file kontak nama hingga foto/video/dokumen antar ponsel.

Di Indonesia, Oppo A95 yang dilengkapi fitur NFC dijual seharga Rp 4 juta. Banderol harga itu sedikit lebih mahal ketimbang Oppo A95 versi Malaysia yang tidak mendukung NFC. Di Malaysia, Oppo A95 dijual sekitar Rp 3,7 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com