Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kreator Instagram Bisa Dapat Uang dari Live Streaming, Ini Syaratnya

Kompas.com - 20/11/2021, 08:04 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Kreator konten (content creator) Instagram kini dimungkinkan untuk mendapatkan uang saat melakukan siaran langsung atau live streaming di Instagram.

Hal tersebut dimungkinkan setelah Instagram resmi meluncurkan fitur memonetisasi saat melakukan Instagram Live (IG Live) bernama "Badges" baru-baru ini.

Pada peluncuran ini, fitur baru "Badges" baru tersedia untuk kreator Instagram yang berbasis di wilayah Amerika Serikat saja. Belum ada keterangan lebih lanjut kapan fitur monetisasi IG Live bakal hadir di wilayah lainnya, termasuk di Indonesia.

Baca juga: Konten Instagram Stories Kini Bisa Di-Like, Begini Caranya

Sebelum resmi diluncurkan, fitur ini sempat diuji coba pada segelintir kreator konten Instagram di AS pada 2020 lalu.

Dukung dan beri tip ke conten creator

Tampilan fitur Badges yang memungkinkan creator content mendapatkan uang saat melakukan Instagram Live.Meta via The Verge Tampilan fitur Badges yang memungkinkan creator content mendapatkan uang saat melakukan Instagram Live.
Sebagaimana dihimpun dari laman Help Instagram, fitur Badges ini sebenarnya diluncurkan agar pengguna Instagram bisa mendukung kreator Instagram favoritnya, khususnya mendukung secara materiil.

Fitur Badges ini mirip dengan fitur Tip yang ada di Twitch dan YouTube. Di Instagram, fitur Badges diwakili dengan ikon "heart" alias hati. Nah, pengguna bisa membeli "Badges" dengan tiga level harga berbeda saat menonton IG Live dari kreator konten favoritnya.

Level 1 adalah Badges dengan 1 hati seharga 0,99 dollar AS sekitar Rp 14.000). Level 2, badges dengan 2 hati seharga 1,99 dollar (sekitar Rp 28.200). Level 3, badges dengan 3 hati seharga 4,99 dollar AS (sekitar Rp 70.800).

Baca juga: Instagram Punya 2 Fitur Baru, Goyang Ponsel dan Hapus Foto Carousel

Saat penonton IG Live membeli Badges, besaran nominal dari Badges yang dibeli itu akan masuk ke akun kreator Instagram. Instagram mengatakan tidak akan memotong pendapatan apa pun yang diterima oleh content creator dari penjualan Badges hingga tahun 2023.

Meski begitu, kreator tampaknya tak akan menerima 100 persen pendapatan dari penjualan Badges karena pendapatan itu masih harus dikurangi dengan pajak dan potongan biaya yang berlaku. Sebab, Instagram mencatat, Apple dan Google memotong 30 persen untuk setiap pembelian di dalam aplikasi (in-app purchase).

Kreator harus memenuhi syarat

Sebelum bisa mendapatkan uang dari fitur Badges di Instagram Live, kreator konten harus terlebih dulu memenuhi sejumlah syarat monetisasi di Instagram.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Sabtu (20/11/2021), adapun syarat yang harus dipenuhi content creator, yaitu harus berdomisili di AS, berusia di atas 18 tahun, memiliki akun Instagram bisnis atau kreator, dan memiliki paling sedikit 10.000 follower.

Di samping itu, kreator juga harus mematuhi berbagai kebijakan dan pedoman yang berlaku di Instagram, termasuk Kebijakan Monetisasi Mitra, Kebijakan Monetisasi Konten, dan Pedoman Komunitas.

Setelah memenuhi semua syarat, content creator cukup mengaktifkan fitur Badges. Caranya dengan membuka "Profile" > "Professional dashboard" > "Apply for monetization" > "Set up Badges".

Dengan begitu, pengikut content creator baru bisa membeli Badges. Ada sejumlah benefit yang didapat bagi follower yang membeli Badges, sebagai berikut:

  • Badges akan muncul disebelah username Instagram pengguna selama IG Live berlangsung.
  • Username Instagram pengguna muncul di daftar yang dapat dilihat oleh kreator hingga 90 hari.
  • Jika pengguna mengajukan pertanyaan selama Instagram Live, pertanyaan pengguna akan di-highlight ke content creator.
  • Jika pengguna berkomentar selama IG Live, komentar tersebut mungkin disematkan (pin) oleh krator.
  • Saat memberikan hati selama IG Live berlangsung, hati tersebut akan di-highlight (menjadi warna ungu).
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com