Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indosat GIG Tutup Layanan 25 November, Ini Kata Pengguna

Kompas.com - 20/11/2021, 14:08 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Layanan internet kabel (fixed broadband) untuk pengguna rumahan milik Indosat M2, Indosat GIG bakal berhenti beroperasi dalam waktu dekat.

Hal itu diumumkan perusahaan yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh Indosat Ooredoo tersebut dalam e-mail yang dikirimkan ke para pelanggannya.

Salinan e-mail tersebut beredar luas di media sosial sejak Jumat, (19/11/2021).

KompasTekno pun telah mengonfirmasi kebenaran e-mail tersebut kepada Presidium Cek Fakta Mafindo, Eko Juniarto, yang kebetulan juga merupakan pelanggan Indosat Gig.

"Kemarin malam (terima e-mail dari Indosat Gig)," tutur Eko ketika dihubungi KompasTekno, Sabtu (20/11/2021).

Di dalam surat yang didapat Eko itu, disebutkan bahwa Indosat Gig memang benar bakal menutup layanannya pekan depan.

"Dengan sangat menyesal kami menyampaikan bahwa perusahaan tidak dapat lagi menjalankan aktivitas bisnisnya secara menyeluruh paling lambat sampai dengan tanggal 25 November 2021," tulis Indosat M2 dalam e-mail yang diterima Eko.

Indosat M2 mengatakan pihaknya terpaksa harus menyetop bisnisnya lantaran perusahaan ini harus membayar uang pidana pengganti sebesar Rp 1,3 triliun.

Kewajiban berupa uang denda tersebut merujuk pada Putusan Mahkamah Agung No. 787/K/PID.SUS/2014 tertanggal 10 Juli 2014. Adapun kewajiban itu disebut sudah dilaksanakan oleh Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan.

"Terkait hal tersebut, izinkan kami menyampaikan permohonan maaf sedalam-dalamnya kepada pelanggan Gig yang selama ini setia dalam menggunakan layanan internet kami dan  telah memberikan masukan-masukan yang berarti dalam memajukan kinerja layanan perusahaan," imbuh Indosat M2.

Pihak Indosat M2 tak mengumbar bagaimana nasib pelanggan ke depannya. Namun, mereka mengatakan pelanggan yang memiliki pertanyaan terkait penutupan layanan ini bisa mengirimkan e-mail ke layanan@gig.id.

KompasTekno sendiri sudah menghubungi pihak Indosat Ooredoo terkait surat pelanggan ini, begitu juga rencana penutupan bisnis Indosat Gig tadi dan nasib para pelanggannya. Namun, mereka belum memberikan tanggapan terkait hal tersebut.

Baca juga: Kominfo Restui Merger Indosat dan Tri, Ini Nama Baru Perusahaan

Sudah beroperasi sejak 2015

CEO Indosat Alexander Rusli, Head of Marketing Google Indonesia Veronica Utami, dan Chief of New Business and Innovation Indosat Ooredoo, Prashant Gokarn dalam acara perkenalan layanan internet kabel Gig, Jakarta, Kamis (18/2/2016).Oik Yusuf/KOMPAS.com CEO Indosat Alexander Rusli, Head of Marketing Google Indonesia Veronica Utami, dan Chief of New Business and Innovation Indosat Ooredoo, Prashant Gokarn dalam acara perkenalan layanan internet kabel Gig, Jakarta, Kamis (18/2/2016).
Layanan Indosat Gig telah beroperasi sejak 2016 lalu. Pada sembilan bulan pertamanya, layanan internet berbasis teknologi fiber optik (Fiber to the Home, FTTH) tersebut diklaim sudah berhasil mengumpulkan 100.000 pelanggan.

Eko sendiri, sebagai pelanggan Indosat Gig tadi, sudah berlangganan internet rumahan tersebut selama empat tahun hingga sekarang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com