Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

YouTuber Beli iPhone 13 Resmi di Jakarta, Sales Toko Sebut Tidak Ada Garansi Hardware

Kompas.com - 20/11/2021, 19:21 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - "Saya kaget beli handphone resmi tidak ada garansi hardware," ujar seorang pengulas gadget Indonesia bernama Romi Hidayat dari kanal YouTube Droidlime.

Pengalaman itu dialami Romi ketika ia membeli ponsel yang belum lama ini resmi dijual di Tanah Air, yaitu iPhone 13 Pro (256 GB). iPhone 13 tersebut dibelinya di salah satu gerai Apple Authorized Reseller yang ada di Jakarta, Jumat (19/11/2021). 

Sayangnya, Romi tidak bersedia menyebutkan lokasi toko tempat kejadian tersebut. Ia hanya menyebut melakukan transaksi di Erafone tanpa merinci lokasi detilnya.

Merasa janggal, pengalaman tersebut ia bagikan dalam sebuah unggahan di akun Instagram  kanal Droidlime (@droidlime).

Dalam unggahan tersebut, bisa dilihat ada dua buah kartu yang membeberkan daftar biaya perlindungan, alias asuransi dengan jangka waktu berbeda, yaitu 12 bulan (bergaris hijau) dan 18 bulan (bergaris coklat).

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh DroidLime (@droidlime)

Ketika dikonfirmasi KompasTekno, kedua kartu tersebut didapat Romi dari seorang sales toko setelah ia selesai melakukan transaksi.

"Setelah bayar dan perangkatnya saya unboxing, lalu ada sales toko bilang 'mas, ini handphone-nya hanya garansi software saja ya satu tahun, tidak ada garansi hardware. Kalau mau aman, bisa pakai perlindungan (tambahan)'," tutur Romi, kepada KompasTekno, Sabtu (20/11/2021).

Romi pun sontak kaget mendengar penjelasan sales tersebut. Sebab, sepengetahuan dia, seluruh ponsel resmi yang baru dibeli biasanya disertai dengan garansi.

Meski terkejut, Romi menolak tawaran sales toko itu. Pasalnya, ia amat yakin iPhone 13 Pro yang dibeli memiliki garansi hardware dan software selama satu tahun, meski tidak dilindungi oleh asuransi.

Alasan lain untuk tidak menggunakan asuransi adalah karena ia sering gonta-ganti handphone dalam jangka waktu yang relatif singkat, sehingga masa perlindungan tadi dinilai akan sia-sia.

"Karena saya tech reviewer, saya belum tahu pakai handphone ini sampai satu tahun atau tidak, jadi perlindungan itu tidak terlalu terpakai," jelas Romi.

Baca juga: Resmi Dijual di Indonesia, Ini Daftar Harga iPhone 13, iPhone 13 Mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max

Benarkah beli iPhone 13 tidak dapat garansi hardware?

Ilustrasi gerai iBox Plaza Indonesia di momen pemesanan iPhone 13, Jumat (12/11/2021).Kompas.com/BILL CLINTEN Ilustrasi gerai iBox Plaza Indonesia di momen pemesanan iPhone 13, Jumat (12/11/2021).

Pihak Erajaya sebagai pemilik Erafone belum merespons kejadian yang dialami Romi. Mereka hanya memberikan tautan yang berisi informasi resmi jaminan layanan purna jual dari Apple.

Menurut pihak Erajaya, layanan purna jual untuk perangkat Apple yang dipasarkan di Tanah Air, termasuk iPhone 13, bisa disimak di tautan berikut ini.

Dokumen itu tidak secara gamblang mengatakan konsumen bakal mendapatkan garansi software.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com