Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tinggalkan Qualcomm, Apple Pakai Chip Modem Sendiri untuk iPhone 2023?

Kompas.com - 24/11/2021, 18:10 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Mac Rumors

KOMPAS.com - Apple kabarnya sedang mengembangkan chip modem buatan sendiri. Qualcomm yang selama ini menjadi pemasok chip modem untuk iPhone pun bakal tersingkir mulai tahun depan.

Hal itu diketahui dari peryataan Qualcomm CFO Akash Palkhiwala saat berbicara dalam Investor Day, dua pekan lalu.

Palkhiwala memperkirakan bahwa pengiriman chip modem Qualcomm untuk iPhone bakal jauh menurun pada 2023 hingga tinggal seperlimanya. Dia pun secara tak langsung mengonfirmasi kabar bahwa Apple akan mulai memakai chip modem sendiri untuk iPhone.

Baca juga: Apple dan Qualcomm Damai, Intel Tersingkir dari 5G Smartphone

"Asumsi yang kami gunakan untuk perkiraan ini adalah bahwa untuk peluncuran Apple 2023, pangsa kami turun menjadi 20 persen," ungkap Palkhiwal sebagaimana dihimpun KompasTekno dari MacRumors, Rabu (24/11/2021).

Sebelumnya, pada Mei lalu, pembocor ulung Ming-Chi Kuo sempat mengatakan bahwa chip modem 5G buatan Apple akan mulai dipakai di iPhone mulai tahun depan.

Sebelumnya, ketika berkonflik dengan Qualcomm, Apple sempat menggunakan chip modem bikinan Intel. Qualcomm dan Apple lalu sepakat damai pada 2019 sehingga Intel tersingkir.

Baca juga: Apple Umumkan Beli Bisnis Modem Intel Rp 13 Triliun

Unit bisnis modem Intel kemudian dibeli oleh Apple. Inilah yang kemudian menjadi bekal Apple dalam mengembangkan modem sendiri untuk iPhone.

Meskipun jatah pasokan chipmodemnya bakal berkuran drastis mulai tahun depan, Qualcomm akan tetap mendapat pemasukan berupa royalti dari Apple. Sebab, Qualcomm memegang sejumlah paten terkait teknologi 5G yang digunakan di chip modem.

Apple sendiri sudah berupaya mengembangkan chip untuk produk gadget buatannya selama bertahun-tahun, agar tak terlalu bergantung pada perusahaan lain.

Sebelum chip modem Qualcomm dipangkas dari iPhone, tahun lalu CPU Intel telah lebih dulu didepak dari komputer Mac dan laptop MacBook, digantikan oleh chip M1 buatan Apple sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mac Rumors
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com