Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RRQ Lemon Ungkap Gaji Atlet E-Sports Mobile Legends, Bisa Dapat Miliaran Rupiah dari Turnamen

Kompas.com - 26/11/2021, 13:33 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber YouTube

KOMPAS.com - Atlet dari sebuah cabang olahraga biasanya mendapatkan uang dari memenangkan sebuah pertandingan, begitu juga atlet atau pemain profesional di bidang olahraga elektronik (e-sports).

Namun, selain dari memenangkan kompetisi, seorang atlet e-sports, atau orang biasa yang gemar bermain game, ternyata bisa mendapatkan penghasilan dari sumber lain. 

Hal itu diungkapkan seorang atlet e-sports dari game Mobile Legends, Muhammad Ikhsan, dalam sebuah sesi bincang-bincang yang dikemas dalam sebuah video podcast bersama YouTuber kenamaan, Deddy Corbuzier.

Ikhsan sendiri lebih banyak dikenal dengan nama panggung "Lemon" atau "RRQ Lemon" dari tim RRQ Hoshi.

"(Zaman) sekarang berbeda. Kini orang bisa mendapatkan uang dari bermain game, menjadi streamer, kreator konten, dan lain-lain," kata RRQ Lemon, dikutip KompasTekno dari kanal YouTube Deddy Corbuzier, Jumat (26/11/2021).

Di samping turnamen atau "bonus" dari melakukan live streaming, sponsor, dan lain sebagainya, penghasilan seorang pemain e-sports, lanjut Lemon, juga bisa didapatkan dari manajemen atau tim yang menaungi si pemain itu sendiri.

Baca juga: Update Mobile Legends 1.6.34 Bawa Hero Valentina, Ini Kemampuannya

"Kalau masuk tim e-sports, itu sudah ada kontraknya, dan sudah digaji (per bulan), dan (mendapatkan) segala macam hal lainnya," imbuh RRQ Lemon.

RRQ Lemon, tidak mengumbar berapa besaran gaji yang ia dapatkan per bulan dari pihak manajemen. Namun, ia menyebut jumlahnya cukup besar.

"Lumayan besar (gajinya) kalau hitungan di Indonesia. Besarannya berbeda-beda setiap pemain berdasarkan faktor kemampuan mereka, serta tingkat popularitasnya," klaim Lemon.

Hadiah besar dari turnamen

Tim RRQ Hoshi juara MPL ID musim ke-6.TeamRRQ Tim RRQ Hoshi juara MPL ID musim ke-6.
Pria berusia 22 tahun itu lanjut menjelaskan, uang yang didapatkan dari turnamen e-sports sendiri terbilang cukup besar.

Ia mencontohkan hal itu melalui kompetisi e-sports Mobile Legends Profesional League Indonesia (MPL ID) Season 8 yang digelar beberapa waktu lalu.

Menurut dia, besaran uang yang didapatkan bakal bergantung pada jumlah poin yang diperoleh suatu tim di MPL ID Season 8.

Kemudian, apabila memenangkan suatu pertandingan MPL ID Season 8, maka tim yang menang juga bakal mendapatkan uang, tanpa harus menunggu kompetisi e-sports tersebut selesai.

"Lumayan, (bisa puluhan juta) kalau menang pertandingan (di MPL ID Season 8), misalnya 2-0, dan sebagainya," jelas Lemon.

"Kalau memenangkan turnamen, itu bisa dapet ratusan juta dari total hadiah atau prize pool," imbuh Lemon.

Halaman:
Sumber YouTube
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com