Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spotify Uji Coba Fitur Mirip TikTok, Begini Tampilannya

Kompas.com - 28/11/2021, 13:02 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tren video pendek yang dipopulerkan oleh TikTok, membuat platform lain ikut membuat fitur serupa. Tapi, rupanya bukan cuma platfrom media sosial saja yang kepincut membuat fitur video pendek.

Aplikasi musik alir (streaming music) Spotify juga disebut kepincut membuat fitur mirip TikTok. Fitur yang diberi nama "Discover" itu akan menampilkan video musik yang akan ditampilkan secara vertikal.

Sambil scrolling (menggulir layar), pengguna bisa skip (melewati) atau berhenti untuk menonton musik video yang muncul di feed. Mereka juga bisa memberikan like atau sukai di video tersebut.

Baca juga: TikTok Diprediksi Mendominasi Media Sosial pada 2022

Ada pula ikon titik tiga di sebelah ikon hati, di mana pengguna bisa melihat informasi tentang lagu tersebut. Fitur ini muncul di tab keempat di bar navigasi yang ada di sisi bawah aplikasi.
Tepatnya berada di antara menu Home dan Search.

Hal itu diungkapkan oleh Chris Messina, salah seorang penggiat isu startup dan sosial media asal Amerika Serikat.

Dalam twit yang diunggah lewat akun dengan handle @chrismessina, ia mengunggah tangkapan layar lokasi menu Discover sekaligus potongan video bagaimana tampilannya yang amat mirip dengan TikTok.

Dirangkum KompasTekno dari Tech Crunch, Minggu (28/11/2021), Messina mengatakan fitur itu ia dapatkan di Spotify TestFlight atau versi beta di iOS. Menurut Messina, kemungkinan Spotify memanfaatkan format Canvas yang sudah dimiliki platform tersebut.

Canvas diperkenalkan Spotify tahun 2019 lalu. Fitur ini memungkinkan musisi untuk membuat video "khusus" yang muncul setiap kali lagu mereka diputar. Video itu bisa cuplikan musik video atau video lain.

Baca juga: Spotify Bikin Halaman Khusus Netflix, Cari Soundtrack Film Jadi Lebih Cepat

Jadi, ada kemungkinan video yang muncul di Discover adalah video yang tampil di Canvas, menurut spekulasi Messina. Belum diketahui kapan fitur ini akan diluncurkan.

Belum ada informasi juga apakah fitur ini akan hadir di Android pula atau tidak. Spotify masih merahasiakan detailnya, tapi perusahaan asal Swedia itu tidak membantah bahwa mereka sedang mengeksplorasi format video vertikal.

"Di Spotify, kami secara rutin melakukan sejumlah tes untuk meningkatkan pengalaman pengguna kami," jelas juru bicara Spotify.

"Beberapa dari uji coba itu akhirnya membuka jalan bagi pengalaman pengguna kami yang lebih luas dan yang lainnya hanya menjadi pelajaran penting. Kami belum memiliki informasi lebih lanjut untuk dibagikan saat ini," kata pihak Spotify.

Itu artinya, fitur ini masih dalam tahap uji coba yang sangat dini. Bisa jadi, Spotify urung menggulirkan fitur ini ke publik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com