Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Qualcomm Resmi Umumkan Snapdragon 8 Gen 1, Bukan Snapdragon 898

Kompas.com - 01/12/2021, 07:59 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pabrikan semikonduktor Qualcomm akhirnya resmi mengumumkan system on chip 5G terbarunya yaitu Snapdragon 8 Gen 1, bukan Snapdragon 898, pada acara Snpadragon Tech Summit yang digelar Selasa (30/11/2021).

Seperti diumumkan Qualcomm pekan lalu, chipset ini menjadi chipset pertama dari Qualcomm yang menggunakan nomenklatur penamaan baru yang lebih sederhana, yakni terdiri dari satu digit angka di depan yang diikuti nomor generasi.

Chipset ini juga merupakan penerus dari Snapdragon 888 yang dirilis pada Desember 2020 lalu.

Sesuai namanya, Snapdragon 8 Gen 1 masuk dalam jajaran chipset seri 800 (sekarang seri 8) Qualcomm yang digunakan di smartphone flagship hingga premium.

Baca juga: Bocoran Spesifikasi Calon Chip Teratas Qualcomm, Snapdragon 898

Sebagai generasi terbaru, Snapdragon 8 Gen 1 membawa sejumlah peningkatan dibandingkan Snapdragon 888. Chipset terbaru ini dijanjikan bakal menghadirkan pengalaman baru pada perangkat Android pada ponsel kelas atas generasi berikutnya.

"Teknologi ini memberikan pengalaman konektivitas, fotografi, AI, game, suara, dan keamanan yang belum pernah ada di smartphone," kata Alex Katouzian selaku Senior Vice President and General Manager of Mobile, Compute, and Infrastructure, Qualcomm, sebagaimana dimuat dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Rabu.

Sebagai chipset teranyar dan teratas, Snapdragon 8 Gen 1 bakal menjadi otak dari beragam ponsel kelas atas dari berbagai vendor smartphone.

Adapun vendor yang siap mengadopsi chipset ini termasuk Black Shark, Honor, iQOO, Motorola, Nubia, OnePlus, Oppo, Realme, Sharp, Sony Corporation, Vivo, Xiaomi, dan ZTE.

Ponsel flagship yang diotaki Snapdragon 8 Gen 1 diharapkan hadir pada akhir tahun 2021.

Baca juga: Qualcomm Ganti Nama Chip Snapdragon Jadi Lebih Simpel

Spesifikasi Snapdragon 8 Gen 1

Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1.Qualcomm Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1.
Untuk spesifikasinya, Snapdragon 8 Gen 1 adalah chipset pertama Qualcomm yang dibagun menggunakan arsitektur Armv9 terbaru dari Arm.

Chipset ini juga menjadi chipset pertama Qualcomm yang dibangun di atas fabrikasi 4nm.

Meski tak memberikan nomor seri spesifik, Snapdragon 8 Gen 1 dilengkapi dengan CPU Kyro (8 inti) baru.

CPU itu ditemani chip grafis baru yang diklaim menghadirkan rendering grafis 30 persen lebih cepat serta efisiensi daya 25 persen lebih baik dibandingkan dengan GPU Adreno pada Snapdragon 888.

Secara umum, Snapdragon 8 Gen 1 menawarkan kinerja hingga 20 persen lebih baik dan efisiensi daya hingga 30 persen lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya, sebagaimana dihimpun dari The Verge.

Baca juga: Bocoran Benchmark Calon Chip Snapdragon Teratas, Berapa Skornya?

Fitur Unggulan Snapdragon 8 Gen 1

Qualcomm membekali Snapdragon 8 Gen 1 dengan berbagai peningkatan. Dari segi konektivitas 5G, Snapdragon 8 Gen 1 kini dilengkapi dengan modem 5G X65 yang kompatibel dengan mmWave dan sub-6 5G.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com