Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Ponsel Android yang Pertama Pakai Snapdragon 8 Gen 1

Kompas.com - 01/12/2021, 16:04 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Fonearena

KOMPAS.com - Qualcomm resmi memperkenalkan chipset flaghsip andalan terbarunya yang diberi nama Snapdragon 8 Gen 1.

Di sela peluncuran, pendiri sekaligus CEO Xiaomi, Lei Jun memastikan bahwa ponsel flagship Xiaomi berikutnya, yaitu Xiaomi 12 Series, bakal ditenagai dengan chipset tersebut.

Selain Xiaomi, Qualcomm juga mengonfirmasi bahwa System-on-Chip (SoC) teranyar besutan perusahaan asal Amerika Serikat (AS) ini juga bakal hadir di smartphone buatan vendor lainnya yang rencananya bakal meluncur mulai Desember 2021 ini.

Qualcomm menyebut beberapa nama vendor seperti Black Shark, Honor, iQoo, Motorola, Nubia, OnePlus, Oppo, Realme, Redmi, Sharp, Sony, Vivo, dan ZTE.

Baca juga: Qualcomm Resmi Umumkan Snapdragon 8 Gen 1, Bukan Snapdragon 898

Sebagian vendor ponsel yang disebut Qualcomm itu pun memastikan bahwa mereka memang benar bakal meluncurkan smartphone besutannya masing-masing yang ditenagai dengan Snapdragon 8 Gen 1.

Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1.Qualcomm Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1.
Realme dan Motorola, misalnya, memastikan mereka bakal meluncurkan ponsel flagship yang ditenagai SoC teranyar Qualcomm tersebut, masing-masing bakal hadir di produk Realme GT2 Pro dan Moto Edge 30X.

Meski demikian, sebagian besar vendor hanya sebatas mengonfirmasi saja. Artinya, mereka tidak menyebutkan nama perangkat yang bakal ditenagai SoC Snapdragon 8 Gen 1, begitu juga tanggal peluncurannya.

Sejumlah vendor yang hanya sekadar memastikan ini terdiri dari Oppo, Sony, Vivo, Honor, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Ini Dia Ponsel Pertama dengan Chip Snapdragon 8 Gen 1

Selengkapnya, berikut daftar smartphone yang dipastikan bakal ditenagai dengan chipset Snapdragon 8 Gen 1, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari FoneArena, rabu (1/12/2021).

Perlu dicatat, ponsel bermerek Samsung tidak ada di dalam daftar ini. Namun, apabila melihat kebiasaan Samsung, ponsel flagship suksesor Galaxy S21 Series, yang konon bakal bernama Galaxy S22 Series, dipercaya bakal ditenagai dengan chipset tersebut.

  • Xiaomi 12 dan ponsel flagship Redmi (belum diketahui modelnya), hal ini bahkan sudah dikonfirmasi oleh CEO Xiaomi, Lei Jun.
  • Realme GT2 Pro juga akan menjadi salah satu ponsel pertama yang menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 1.
  • Moto Edge 30X yang konon akan diumumkan pada 9 Desember mendatang.
  • Honor (belum diketahui modelnya), dikonfirmasi akan menjadi salah satu vendor yang akan menggunakan Snapdragon 8 Gen 1 dalam waktu dekat.
  • Oppo akan memperkenalkan ponsel flagship dengan Snapdragon 8 Gen 1 (belum diketahui modelnya) pada kuartal pertama 2022 mendatang.
  • Nubia Red Magic dan Z Series (belum diketahui modelnya). Hal ini dikonfirmasi oleh salah satu pendiri Nubia, Yu Hang.
  • Sharp (belum diketahui modelnya)
  • Sony Xperia (belum diketahui modelnya)
  • Vivo dan iQoo (belum diketahui modelnya)
  • ZTE seri Axon
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Fonearena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com