Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kilas Balik Spotify Wrapped 2021 Seru, Banyak yang Baru

Kompas.com - 02/12/2021, 08:49 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber CNET

KOMPAS.com - Menjelang akhir tahun, Spotify kembali menghadirkan Spotify Wrapped atau kilas balik untuk para penggunanya.

Berbeda dengan tahun lalu, Spotify Wrapped 2021 kini hadir lebih seru dengan sejumlah hal baru, salah satunya adalah "Audio Aura".

Seperti namanya, Spotify akan mencoba menebak warna aura dan suasana hati pengguna berdasarkan dua jenis musik yang paling sering diputar mereka sepanjang tahun.

Kemudian ada rangkuman playing cards berupa game ikonik berjudul "Two truths and a lie" yang memungkinkan pengguna memilih satu dari tiga fakta yang salah terkait pengalaman mendengar pengguna di Spotify.

Game tebak-tebakan terkait pengalaman pengguna di Spotify melalui Spotify Wrapped 2021.Spotify Game tebak-tebakan terkait pengalaman pengguna di Spotify melalui Spotify Wrapped 2021.

Lalu ada "2021: The Movie" yang memungkinkan pengguna membuat soundtrack film perjalanan hidupnya berdasarkan lagu yang didengar di Spotify.

Ada pula "2021: Wrapped Blend" yang memungkinkan pengguna melihat tren musik yang mereka dengar sepanjang tahun dan membandingkan dengan tren musik yang didengar teman-temannya di Spotify.

Baca juga: 10 Lagu Terpopuler di Spotify Indonesia, Adele Belum Tergeser dari Singgasana

Selain beragam pengalaman baru di Spotify Wrapped 2021, pengguna juga masih bisa melihat berbagai rangkuman terkait pengguna Spotify yang sama seperti tahun sebelumnya. 

Beberapa di antaranya seperti artis, musik, genre lagu, hingga podcast yang paling banyak didengar, begitu juga jumlah waktu menggunakan Spotify sepanjang tahun ini

Satu hal di Spotify Wrapped 2021 yang memungkinkan pengguna melihat lagu yang didasari dari sountrack perjalaann mereka sepanjang tahun.Spotify Satu hal di Spotify Wrapped 2021 yang memungkinkan pengguna melihat lagu yang didasari dari sountrack perjalaann mereka sepanjang tahun.

Tak lupa, sebagai ajang pamer, pengguna juga diperbolehkan untuk membagikan beragam "pencapaian" di Spotify ini melalui fitur Share ke beberapa media sosial populer, seperti Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, dan lain sebaganya.

Baca juga: Cara Membagikan Lirik Lagu Spotify ke WhatsApp dan Media Sosial

Perlu dicatat, rangkuman dari Spotify Wrapped 2021 hanya bisa ditampilkan di aplikasi Spotify Android dan iOS.

Pengguna yang belum punya aplikasinya bisa mengunjungi situs web spotify.com/wrapped menggunakan browser perangkat Android atau iOS.

Menu Spotify Wrapped 2021 sendiri ada di tampilan utama aplikasi Spotify dan pengguna bisa mengekliknya untuk melihat kilas balik penggunaan Spotify sepanjang tahun ini.

Hal lainnya yang perlu diketahui, pengguna yang ingin mengikuti tren tahunan Spotify Wrapped 2021 setidaknya harus mendengarkan sekitar 30 lagu dan sedikitnya lima artis, di mana masing-masing lagu minimal harus didengar selama 30 detik. 

Hal ini bertujuan agar Spotify bisa mengumpulkan data pengguna terkait pengalaman mendengar di platform streaming musik tersebut, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari CNET.com, Kamis (2/12/2021).

Baca juga: Spotify Uji Coba Fitur Mirip TikTok, Begini Tampilannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com