Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Steam Catat Rekor Baru Jumah Pengguna "Online" Bersamaan

Kompas.com - 02/12/2021, 09:41 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber SteamDB

KOMPAS.com - Pengguna platform distribusi game Steam belakangan meningkat. Bahkan, jumlah pengguna yang online secara bersamaan, alias concurrent users platform tersebut per 25 November 2021 lalu tercatat mencapai lebih dari 27 juta pengguna.

Berdasarkan situs web yang memaparkan statistik dan database penggunaan Steam, SteamDB, angka ini memecahkan rekor yang dibuat Steam sekitar Maret lalu, di mana jumlah concurrent users terpantau berada di sekitar 26 juta pengguna.

Meski demikian, dari angka tersebut, hanya sekitar 7,8 juta pengguna saja yang online dan bermain game (in-game) melalui aplikasi Steam.

Baca juga: Cara Membeli Game di Steam dengan Dana

Artinya, 19,2 juta pengguna lainnya hanya sekadar masuk (login) ke dalam aplikasi Steam saja, bisa jadi sedang menelusuri toko Steam Store, bercakap-cakap dengan temannya di Steam, mengunjungi komunitas dan forum Steam, dan lain sebagainya.

Nah, jika dibandingkan dengan beberapa bulan sebelumnya, angka ini belum bisa melampaui rekor concurent users yang sedang berada di dalam in-game pada April lalu, yang tercatat di angka 8,1 juta pengguna.

Jumlah pengguna yang online bersamaan di Steam mencetak rekor pada 25 November 2021.SteamDB Jumlah pengguna yang online bersamaan di Steam mencetak rekor pada 25 November 2021.

Belum diketahui mengapa jumlah orang yang online secara bersamaan di Steam meningkat. Diduga, hal itu dipicu oleh pandemi Covid-19 yang memaksa orang-orang berada di dalam rumah, dan game merupakan salah satu alternatif hiburan yang bisa dipilih. 

Yang jelas, jumlah concurrent users di Steam sendiri memang cenderung mengalami peningkatan dalam beberapa bulan terakhir.

Pada periode Agustus, September, dan Oktober 2021 misalnya, jumlah tertinggi concurrent users Steam di masing-masing bulan tersebut mencapai 25.145.170, 26.086.754, dan 26.796.890 pengguna.

Baca juga: Main Game PC di Konsol Portable Steam Deck, Apakah Lancar?

Jumlah concurrent users tersebut bertambah lagi ke angka 27.384.959 pengguna pada November 2021, yang merupakan rekor tertinggi concurrent users Steam selama ini.

Pantauan KompasTekno di situs SteamDB, Kamis (2/12/2021), jumlah concurrent users di Steam sendiri kini berada di kisaran 17 juta pengguna, dan dalam 24 jam terakhir, jumlah tersebut pernah meningkat ke angka 24 juta pengguna.

Sekadar informasi, jumlah pengguna yang online bersamaan di Steam biasanya meningkat tajam pada momen liburan akhir tahun.

Artinya, bukan tidak mungkin rekor angka 27 juta pengguna tadi bakal kembali dipecahkan dalam waktu dekat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SteamDB
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com