Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejumlah Sekolah Tunda Ujian Semester Imbas Kebakaran Gedung Cyber

Kompas.com - 03/12/2021, 08:40 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gedung Cyber 1 yang berada di Jalan Kuningan Barat Raya, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, mengalami insiden kebakaran pada Kamis (2/12/2021) siang.

Gedung Cyber sendiri merupakan salah satu lokasi penyimpanan server atau data center sejumlah perusahaan teknologi di Indonesia. Alhasil, kebakaran tersebut sempat membuat sejumlah aplikasi dan layanan web hosting mengalami gangguan pada Kamis siang.

Sehari setelah kebakaran atau hari ini, Jumat (3/12/2021), kebakaran di Gedung Cyber ternyata ikut berdampak pada penyelenggaraan Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil berbasis komputer di sejumlah sekolah.

PAS di beberapa sekolah dijadwalkan berlangsung pada pekan ini, yaitu dari 29 November hingga 4 Desember.

Baca juga: Daftar Aplikasi yang Tumbang Akibat Kebakaran Gedung Cyber

Menurut pantauan KompasTekno di Twitter, sejumlah warganet melaporkan bahwa PAS yang seharusnya dilangsungkan hari ini, Jumat (3/12/2021), ditunda karena server yang digunakan untuk ujian PAS masih terdampak kebakaran Gedung Cyber.

"Gedung cyber kebakaran, PAS gue ditunda hahayyh," tuit akun Twitter bernama Anin, pada Jumat pagi.

Seorang netizen turut menyertakan sebuah tangkapan layar dari sebuah chat WhatsApp. Isinya soal pemberitahuan bahwa jadwal Penilaian Akhir Semester hari Jumat di sekolahnya ditunda dan dimundurkan.

"Sehubungan dengan masih terputusnya jaringan listrik provider server ujian, maka dengan berat hati kami sampaikan bahwa jadwal PAS besok (Jumat) dimundurkan," tulis isi pemberitahuan.

Salah satu sekolah menengah atas (SMA) negeri di bilangan Kemanggisan, Jakarta Barat juga ikut menunda pelaksanaan PAS pada Jumat ini.

Baca juga: Kebakaran di Gedung Cyber Kuningan, Layanan Internet dan Web Hosting Terdampak

Dalam sebuah broadcast yang diterima oleh KompasTekno, pihak sekolah mengabarkan bahwa penundaan tersebut dilakukan karena data center provider CBT (Computer Based Test) yang digunakan untuk pelaksanaan PAS terdampak kebakaran.

Namun agaknya penundaan pelaksanaan PAS hanya terjadi untuk Jumat ini saja. Sebab, pihak sekolah mengumumkan bahwa jadwal pelaksanaan Penilaian Akhir Semester untuk minggu depan (6-9 Desember) tetap sesuai jadwal, alias tidak berubah.

Sebelumnya, pada Kamis siang, sejumlah aplikasi dan layaanan web hosting yang memiliki data center di Gedung Cyber juga mengalami gangguan.

Misalnya, aplikasi saham seperti IPOT dan Ajaib, serta fitur pembayaran ShopeePay di aplikasi Shopee juga sempat mengalami down dan tidak bisa diakses.

Selain aplikasi, layanan web hosting seperti milik Niagahoster dan Rumahweb Indonesia juga sempat terdampak kebakaran Gedung Cyber ini. Namun, layanan yang mengalami gangguan sudah berangsur pulih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com