Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mudah Ubah Huruf di WhatsApp Jadi Miring, Tebal, Coret Tanpa Kode

Kompas.com - 10/12/2021, 15:02 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Aplikasi pesan instan WhatsApp memiliki segudang fitur yang bisa dimanfaatkan penggunanya untuk berkomuniaksi. Salah satu fitur yang cukup menarik adalah kemampuan untuk mengubah kata atau kalimat menjadi tebal (bold), miring (italic), teks yang dicoret (strikethrough), serta monospace.

Tak ayal, banyak pengguna mencari cara bagaimana mengubah huruf WhatsApp menjadi tebal, miring, coret, atau monospace.

Umumnya, untuk membuat teks dengan format khusus tersebut, pengguna harus menyematkan simbol atau kode khusus di awal dan akhir kata atau kalimat.

Bagi sebagian pengguna, cara itu dianggap kurang efektif karena mereka harus mengingat kode yang harus disematkan. Pasalnya, masing-masing format menggunakan kode yang berbeda.

Baca juga: Cara Ubah Huruf di WhatsApp Jadi Miring, Tebal, dan Dicoret

Untuk membuat huruf WhatsApp menjadi tebal misalnya, pengguna harus mengapit kata atau kalimat dengan tanda bintang (*).

Kemudian huruf miring WhatsApp bisa dibuat dengan membubuhkan tanda underscore (_), serta untuk membuat teks WhatsApp memiliki coretan pengguna wajib menambahkan tanda tilde (~) di awal dan akhir kata atau kalimat.

Bagi sebagian orang, tidak mudah untuk mengingat kode untuk masing-masing format. Untungnya, WhatsApp juga menyediakan cara alternatif yang jauh lebih ringkas.

Untuk mengubah teks WhatsApp menjadi tebal, miring, dicoret, dan monospace, pengguna cukup meng-klik tombol "tersembunyi" seperti langkah berikut, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari WhatsApp FAQ, Kamis (9/12/2021).

  1. Pertama, buka aplikasi WhatsApp dan buka sebuah kolom obrolan.
  2. Selanjutnya, ketik teks yang ingin diubah ke dalam format khusus.
  3. Apabila sudah diketik, blok bagian kata atau kalimat yang ingin diubah menjadi tebal, miring, dicoret atau monospace. Untuk mengebloknya, cukup sentuh dan tahan di kata atau kalimat yang dikehendaki.
  4. Kemudian, akan muncul pop-up menu di sisi atas. Klik ikon titik tiga vertikal di ujung kanan.
  5. Opsi huruf tebal, miring, coret, atau monospace akan muncul. Cukup klik format mana yang diinginkan.
  6. Format kata atau kalimat akan berubah sesuai opsi yang dipilih. 

Baca juga: Cara Mudah Menyembunyikan Foto Profil WhatsApp dari Pengguna Lain

Cara membuat huruf miring, tebal, coret, monospace di WhatsApp tanpa kodeKOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Cara membuat huruf miring, tebal, coret, monospace di WhatsApp tanpa kode

Perlu diperhatikan bahwa cara di atas tidak selalu dapat digunakan pada semua perangkat ponsel. Pada tutorial kali ini, KompasTekno menggunakan perangkat Samsung Galaxy A71.

Baca juga: Ringtone Chat WhatsApp Bisa Dibuat Berbeda-beda Tiap Kontak, Ini Caranya

Apabila opsi tombol pintas untuk mengubah format huruf WhatsApp belum tersedia, pengguna bisa menggunakan cara lama, yakni menyisipkan kode khusus seperti yang dijelaskan di awal.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com