Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harbolnas 12.12, Ini 10 Tips Berbelanja Online dengan Aman dan Nyaman

Kompas.com - 12/12/2021, 13:10 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber webroot

KOMPAS.com - Ajang Hari Belanja Online (Harbolnas) dimulai hari ini, Minggu (12/12/2021). Dalam gelaran yang juga biasa disebut "12.12" itu, banyak platform e-commerce yang menghadirkan beragam promo dan voucher diskon menggiurkan demi menarik minat pembeli.

Meski demikian, Anda sejatinya harus tetap berhati-hati. Sebab, ada banyak hal yang membuat pengalaman belanja online tidak nyaman.

Dari sisi penjual, misalnya, tak sedikit ada yang "nakal" dan menaikkan lebih dulu harga asli berkali-kali lipat sebelum memberikan diskon. Agar nantinya, harga setelah diskon terlihat lebih murah.

Lantas, apa saja tips lainnya yang perlu diketahui apabila Anda ingin berbelanja online, atau lebih spesifik mengikuti momen Harbolnas 12.12 dengan aman dan nyaman?

Simak informasinya berikut, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Webroot.com, Minggu (12/12/2021).

Baca juga: Sejarah Harbolnas 12.12, Momen Belanja Online yang Tak Lagi Spesial

1. Pastikan pakai koneksi internet yang aman

Pastikan Anda menggunakan koneksi internet yang aman ketika hendak berbelanja di platform e-commerce.

Kategori internet yang aman bisa dibilang adalah koneksi data atau WiFi di rumah sendiri, atau jaringan hotspot yang telah dilindungi sistem enkripsi atau aplikasi anti-virus.

Penggunaan koneksi internet yang aman ini tentunya bertujuan untuk menghindari berbagai risiko yang bisa timbul melalui berbagai celah keamanan di internet.

Selain itu, hindari berbelanja melalui koneksi internet dari WiFi di tempat umum. Sebab, kita tidak tahu apakah WiFi tersebut aman atau tidak.

2. Ketahui reputasi penjual

Supaya suasana hati tetap aman sentosa, lakukan pengecekan terhadap pedagang yang menjual barang yang hendak Anda beli.

Pada sejumlah platform e-commerce, beberapa penjual terpercaya biasanya ditandai dengan ikon atau label unik yang sudah didesain sedemikian rupa.

Di Tokopedia, misalnya, penjual resmi biasanya ditandai dengan ikon "centang" berwarna ungu. Sementara itu di Shopee, toko resmi ditandai dengan label "Shopee Mall".

Baca juga: Cara Menggunakan Kartu Kredit untuk Belanja Online secara Aman

3. Hindari harga dan diskon tak masuk akal

Sebisa mungkin, hindari barang yang memiliki harga atau potongan diskon yang tidak masuk akal ketika Anda mengikuti Harbolnas 12.12, atau berbelanja online pada umumnya.

Sebab, beberapa barang mungkin saja palsu dan penjual bisa jadi hanya ingin memanfaatkan informasi pribadi macam alamat dan nomor telepon Anda saja.

Untuk menghindari fenomena ini, Anda bisa melihat nilai (rating) atau ulasan (review) barang yang hendak dibeli, apakah bagus atau tidak.

Halaman:
Sumber webroot
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com