Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menonaktifkan Komentar di Instagram Stories

Kompas.com - 14/12/2021, 17:05 WIB
Soffya Ranti,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebagian orang mungkin saja tidak begitu ingin postingan Instagram Stories-nya dikomentari orang lain. Bisa saja, ia hanya ingin sekadar berbagi momen kepada followers (pengikut) di Instagram.

Secara default, Instagram Stories memiliki kolom balasan di mana followers bisa mengomentari postingan Stories orang lain. Namun, kolom balasan itu bisa disembunyikan untuk mencegah komentar dari pengguna lain.

Baca juga: Cara Menambah Link Sticker Swipe Up di Instagram Stories

Cara menonaktifkan komentar di Instagram Stories

Cara menonaktifkan kolom komentar di Instagram Stories tidak sulit. Hanya saja, pengguna harus melakukan beberapa langkah. Berikut cara mematikan komentar di Instagram Stories:

  1. Masuk (log in) ke akun Instagram Anda
  2. Kemudian menuju profil Anda dan tap ikon Menu (ikon tiga garis vertikal) di pojok kanan atas
  3. Pilih “Setting”/Pengaturan
  4. Klik “Privacy”/Privasi
  5. Lalu klik “Story”/Cerita
  6. Klik menu “Allow Message Replies”/Izinkan Balas Pesan. Nantinya akan muncul beberapa pilihan yaitu “Your Followers”/Pengikut Anda, “Followers You Follow Back”/Pengikut yang Anda Ikuti Balik, dan “Off”/Mati

Baca juga: Cara Bikin Instagram Playback, Rangkum Stories 2021

Opsi “Followers You Follow Back” berarti postingan Instagram Stories Anda dapat dibalas oleh followers yang Anda ikuti kembali (follow back) saja.

Sementara itu, jika memilih “Your Followers” berarti semua followers Anda -baik yang sudah di-follow back atau belum- bisa membalas cerita Anda. Terakhir, jika memilih “Off” berarti Anda menon-aktifkan kolom balasan Instagram Stories

 

Cara Menyembunyikan Kolom Balasan Ig Story Soffya Ranti Cara Menyembunyikan Kolom Balasan Ig Story
Seperti diketahui selama ini, Instagram Stories hanya akan bertahan hingga 24 jam saja. Setelah itu, Stories akan hilang.

Baca juga: Cara Menyembunyikan Instagram Stories dan Feed Pengguna Lain

Akan tetapi, jika menginginkan Stories bertahan lebih lama, pengguna bisa mengarsipkan Stories dengan fitur Sorotan/Highlight.

Cara menyimpan Stories di Highlight cukup mudah. Di menu yang sama, yakni menu "Story", lalu gulir ke bawah hingga menemukan opsi "simpan cerita ke arsip". Kemudian, geser toggle/tombol kanan untuk menyimpan Stories secara otomatis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com