Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Tampang Xiaomi 12 Ultra, Ada Kamera Besar Berlogo Leica

Kompas.com - 15/12/2021, 08:30 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Xiaomi disinyalir tengah bersiap meluncurkan ponsel flagship Xiaomi 12 series dalam waktu dekat. Salah satu model yang diyakini akan dirilis adalah Xiaomi 12 Ultra, ponsel penerus Xiaomi Mi 11 Ultra.

Bocoran spesifikasi lini Xiaomi 12 juga sudah beredar di ruang maya. Yang terbaru, render tiga dimensi (3D) yang memperlihatkan tampang Xiaomi 12 Ultra dari berbagai sisi.

Desain render 3D itu merupakan hasil kolaborasi antara situs teknologi Let's Go Digital dengan akun ilustrator bernama Technizo Concept.

Baca juga: Setelah Huawei, Leica Rancang Kamera di Xiaomi 12 Ultra?

Salah satu yang menarik perhatian adalah modul kamera belakang yang diusung Xiaomi 12 Ultra. Seperti pendahulunya, Xiaomi 12 Ultra konon masih dibekali modul kamera belakang yang unik nan besar.

Dari hasil render 3D tersebut, Xiaomi 12 Ultra terlihat mengusung desain modul kamera belakang berbentuk lingkaran yang terbilang sangat besar. Modul kamera belakang itu terlihat menempati sekitar sepertiga bagian dari seluruh punggung ponsel Xiaomi 12 Ultra.

Di sudut kanan atas, modul kamera tersebut dihiasi oleh logo khas milik Leica, perusahaan kamera kenamaan asal Jerman. Ini menandakan bahwa Xiaomi 12 Ultra mengadopsi teknologi kamera rancangan Leica.

Hasil render 3D yang memperlihatkan sosok Xiaomi 12 Ultra dari berbagai sisi.YouTube/ Technizo Concept Hasil render 3D yang memperlihatkan sosok Xiaomi 12 Ultra dari berbagai sisi.
Menurut rumor yang beredar, modul kamera Xiaomi 12 Ultra tersebut akan menjadi rumah bagi empat kamera belakang.

Baca juga: Leica Luncurkan Smartphone Pertamanya, Leitz Phone 1

Adapun empat kamera belakang itu terdiri dari kamera utama yang terletak di tengah, kamera ultra wide yang terletak di sisi kiri tengah, kamera telefoto di sisi tengah bawah, dan terakhir kamera telefoto dengan kisaran zoom lebih pendek 2-3x di bagian tengah atas.

Sayangnya, belum ada informasi lebih lanjut soal besaran resolusi dari masing-masing kamera belakang tersebut.

Selain kamera, modul kamera belakang Xiaomi 12 Ultra juga akan memuat lampu flash, sensor cahaya, dan PDAF.

Bocoran spesifikasi Xiaomi 12 Ultra

Xiaomi disinyalir bakal mengumumkan lini Xiaomi 12 di China pada Selasa (28/12/2021). Selain Xiaomi 12 Ultra, Xiaomi konon bakal merilis model Xiaomi 12 versi "reguler" dan Xiaomi 12 Pro.

Ketiga model Xiaomi 12 diyakini bakal mengusung layar dengan panel OLED yang mendukung refresh rate 120 Hz, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSMArena, Selasa (14/12/2021).

Baca juga: Ponsel Pertama Ber-chip Snapdragon 8 Gen 1 Meluncur, Bukan Xiaomi 12

Menurut bocoran yang beredar, Xiaomi 12 versi "reguler" bakal dibekali tiga kamera belakang, dua di antaranya beresolusi 50 MP dan 48 MP. Ponsel ini disebut bakal mendukung fast charging 67 watt. Sementara Xiaomi 12 pro dan ultra diyakiini bakal dibekali fitur fast charging hingga 100 watt.

Perlu dicatat, spesifikasi di atas masih berupa bocoran. Spesifikasi Xiaomi 12 series sebenarnya masih harus menunggu perkenalan resmi dari Xiaomi.

Meski belum mengungkap tanggal peluncuran, CEO Xiaomi, Lei Jun mengonfirmasi bahwa Xiaomi bakal memperkenalkan Xiaomi 12 series dalam waktu dekat.

Hal tersebut diungkap Jun di sela acara peluncuran chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1. Video pernyataan Lei Jun itu juga diunggah di kanal YouTube resmi Xiaomi di tautan berikut ini.

Baca juga: Xiaomi Umumkan Teknologi Baterai Jumbo Anti-bongsor

Pada kesempatan yang sama, Jun juga mengonfirmasi bahwa Xiaomi 12 series bakal diotaki oleh chipset teranyar dan tercanggih bikinan Qualcomm, yakni Snapdragon 8 Gen 1.

omponen system-on-chip (SoC) tersebut dibuat menggunakan teknologi fabrikasi 4nm. Di dalamnya, terdapat prosesor (CPU) delapan inti berarsitektur Kryo 64-bit yang memiliki kecepatan (clock speed) hingga 3,0GHz.

Secara umum, chipset Snapdragon 8 Gen 1 diklaim bisa memberikan kinerja hingga 20 persen lebih baik dan efisiensi daya hingga 30 persen lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya, Snapdragon 888.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com