Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo Pamer Kacamata Pintar Air Glass, Ini Fungsinya

Kompas.com - 15/12/2021, 09:48 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Melalui ajang tahunan Oppo Inno Day 2021, Oppo memamerkan sejumlah produk inovasi baru yang digarap perusahaan. Di antara deretan perangkat tersebut, Oppo turut memperkenalkan kacamata pintar yang diberi nama Air Glass.

Perangkat assisted Reality (aR) ini mengusung desain yang terinspirasi dari sebuah monokel dengan bentuk melengkung menyerupai kurva.

Air Glass dilengkapi dengan lensa yang ditanam di bingkai, serta touchbar yang disematkan pada gagang kacamata. Secara keseluruhan, Oppo Air Glass memiliki bobot yang cukup ringan, yakni 30 gram.

Perangkat monokel ini tersedia dalam dua jenis bingkai yang berbeda, yakni pilihan half-frame berwarna perak, dan full-frame berwarna hitam. Kedua warna tersebut tersedia dalam dua jenis ukuran.

Baca juga: Inikah Wujud Ponsel Lipat Oppo Find N dari Segala Sisi?

Di dalam bingkai tersebut, terdapat chip Snapdragon Wear 4100 dari Qualcomm sebagai komponen utama hardware perangkat.

Oppo turut mengembangkan teknologi Spark Micro Projector, Micro LED, dan teknologi waveguide khusus yang terintegrasi dalam Air Glass.

Spark Micro Projector sendiri merupakan teknologi pencitraan gambar yang memiliki ukuran 0,5 cc atau sebesar biji kopi.

Proyektor ini disertai penutup logam CNC dengan modul lensa kaca untuk pelepasan panas dan menjaga stabilitas. Ada pula dukungan Micro LED dengan tingkat kecerahan hingga 3 juta nits.

Sementara itu, kehadiran teknologi optical diffraction waveguide memungkinkan Air Glass untuk menampilkan dua mode display, yaitu 16-level grayscale atau 256-level grayscale.

Perangkat ini juga dapat menghasilkan kecerahan rata-rata hingga 1400 nits untuk menghasilkan tampilan visual yang jelas dan tajam, meski digunakan dalam kondisi pencahayaan yang berbeda.

Baca juga: Facebook Luncurkan Kacamata Pintar Ray-Ban Stories, Bisa Memotret hingga Dengar Podcast

Adapun gabungan dari ketiga teknologi ini diklaim mampu menghasilkan tampilan aR yang lebih jelas, sehingga Oppo Air Glass dapat dioperasikan di dalam maupun di luar ruangan.

Oppo Air Glass.Oppo Oppo Air Glass.

Fitur-fitur Oppo Air Glass

Serupa dengan Google Glass, kacamata pintar besutan Oppo ini turut dilengkapi dengan beragam fungsi seperti kemampuan untuk menunjukan navigasi arah, informasi cuaca, kalender, hingga memantau status kebugaran pengguna.

Air Glass juga akan menghadirkan fitur terjemahan dari bahasa Mandarin ke bahasa Inggris dan sebaliknya.

Ke depannya, Oppo berencana untuk menambah opsi terjemahan bahasa pada perangkat ini, sehingga mampu mengartikan bahasa Mandarin ke bahasa Jepang dan bahasa Korea.

Air Glass dapat dijalankan menggunakan aplikasi Smart Glass yang terdapat pada perangkat Oppo Watch 2 serta seluruh ponsel Oppo yang sudah menjalankan sistem operasi ColorOS 11 atau versi yang lebih baru.

Baca juga: 5 Ponsel Oppo di Indonesia yang Kebagian Android 12 Bulan Ini

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com