Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Pengguna Aktif Bulanan Instagram Capai 2 Miliar?

Kompas.com - 15/12/2021, 12:03 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber CNBC

KOMPAS.com - Popularitas Instagram kini semakin melejit. Hal ini ditandai dengan jumlah pengguna yang meningkat secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

Baru-baru ini, Instagram dilaporkan berhasil mencapai tonggak sejarah baru, yakni dengan mencapai 2 miliar pengguna aktif bulanan (monthly active user/MAU).

Hal tersebut terungkap setelah seorang karyawan Instagram yang meminta untuk tidak disebutkan namanya, mengatakan kepada CNBC. Sumber tersebut mengaku jumlah pengguna aktif bulanan Instagram naik drastis, dalam sebuah percakapan internal.

Seorang sumber lain bahkan mengatakan jumlah 2 miliar pengguna aktif bulanan Instagram sudah dicapai pada Oktober 2021 lalu, atau sekitar seminggu sebelum perusahaan induk Instagram, Facebook Inc. mengubah namanya menjadi Meta.

Baca juga: Prediksi Instagram, 12 Kesukaan Gen-Z pada 2022

Saat dikonfirmasi mengenai hal ini, juru bicara Instagram menolak berkomentar, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari CNBC, Rabu (15/12/2021).

1 miliar pengguna dalam 3 tahun

Bila benar Instagram memiliki 2 miliar pengguna aktif bulanan pada 2021, ini artinya Instagram juga sudah mulai menyamai jumlah pengguna aktif bulanan aplikasi yang juga di bawah naungan Meta, yaitu Facebook dan WhatsApp.

Menurut data Statista, Facebook dilaporkan memiliki sekitar 2,91 miliar MAU per Oktober 2021, sementara WhatsApp memiliki 2 miliar MAU per Maret 2020.

Yang menarik, jika disimak, jumlah pengguna aktif bulanan Instagram melejit dalam kurun waktu tiga tahun terakhir.

Kilas balik sedikit, Instagram sempat mengumumkan bahwa aplikasinya sudah mencapai 1 miliar pengguna aktif bulanan pada 2018 lalu. Angka 1 miliar MAU tersebut baru bisa dicapai Instagram dalam kurun waktu delapan tahun sejak didirikan pada 2010 lalu.

Baca juga: Instagram Tutup Aplikasi Pesan Threads Akhir 2021

Selang tiga tahun sejak pengumuman 1 miliar MAU, Instagram berhasil melipat jumlah pengguna aktif bulanan aplikasinya menjadi 2 miliar pada 2021 ini.

Instagram disebut sebagai aplikasi "toxic"

Kabar pencapaian 2 miliar pengguna aktif bulanan tersebut mencuat hanya beberapa bulan setelah Instagram disebut sebagai aplikasi yang berbahaya alias toxic oleh Frances Haugen.

Haugen sendiri adalah mantan karyawan Facebook yang memutuskan untuk menjadi whistleblower atau pelapor tindak pidana, dan membocorkan ribuan lembar dokumen internal perusahaan.

Riset internal Facebook terkait pengggunaan Instagram dan efeknya untuk mengatasi masalah di pengguna remaja.Facebook Riset internal Facebook terkait pengggunaan Instagram dan efeknya untuk mengatasi masalah di pengguna remaja.
Dokumen yang bocor itu salah satunya memuat hasil riset internal perusahaan terkait dampak aplikasi Instagram terhadap pengguna remaja wanita.

Baca juga: Instagram Khawatir Pengguna Remaja Pindah ke Media Sosial Lain?

Riset internal itu menyebutkan bahwa, Instagram membuat masalah body image (persepsi seseorang terhadap bentuk dan ukuran tubuhnya) lebih buruk untuk 1 dari 3 remaja wanita.

"Lebih banyak remaja wanita berpikir bahwa Instagram membuat isu body image menjadi lebih buruk, ketimbang lebih baik," tulis isi riset internal Facebook soal Instagram.

Dari hasil riset tersebut, menurut Haugen, Facebook sebenarnya mengetahui bahwa jejaring sosialnya, Instagram misalnya, memiliki dampak buruk dan berbahaya (toxic) terhadap remaja.

Namun, Haugen menuduh, meski tahu dampak buruk yang dihasilkan oleh layanannya, Facebook memilih bersikap abai dan lebih memilih profit ketimbang keamanan penggunanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com