Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Huawei Pamer Botol Minum Pintar dengan HarmonyOS

Kompas.com - 15/12/2021, 14:02 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Huawei cukup gemar merilis beragam produk di luar kategori smartphone yang menjalankan sistem operasi (OS) buatan mereka, HarmonyOS.

Setelah printer PixLab X1, perusahaan asal China tersebut kini menghadirkan botol minum pintar (smart water bottle) yang dibekali dengan HarmonyOS. Botol minum pintar Huawei diberi nama HAERS.

Berdasarkan laman penjualan di situs e-commerce berbahasa Mandarin VMall, HAERS bisa mendeteksi sejumlah informasi penting terkait air yang tersimpan di dalamnya. Hal itu dimungkinkan berkat bantuan HarmonyOS dan beragam sensor pendukung,

Misalnya, informasi sisa air yang tersedia di dalam botol, temperatur air minum, dan lain sebagainya.

Baca juga: Huawei Watch GT Runner Bisa Dipesan di Indonesia, Harga Rp 4 Juta

Selain itu, botol minum pintar Huawei juga dibekali dengan layar sentuh (touchscreen) yang bisa menampilkan beragam informasi, mulai dari nama atau tanda tangan pemilik botol, hingga status suhu dan sisa air tadi.

Untuk segi konektivitas botol minum pintar ini dibekali dengan dukungan Bluetooth, yang memungkinkan perangkat bisa dihubungkan dengan smartphone.

Dengan begitu, pengguna tak perlu repot membuka tutup botol untuk sekadar mengecek sisa air yang tersedia.

Ilustrasi botol minum pintar Huawei yang bisa disambungkan dengan smartphone.Notebookcheck Ilustrasi botol minum pintar Huawei yang bisa disambungkan dengan smartphone.

Nah, agar bisa beroperasi dengan optimal, botol minum pintar HAERS dibekali dengan baterai berkapasitas 250 mAh yang diklaim bisa bertahan hingga 20 hari dalam sekali pengisian.

Baca juga: Arloji Pintar Huawei Watch GT 3 Masuk Indonesia, Ini Harganya

Untuk desainnya, tampilan botol pintar HAERS tampak premium. Sisi luar botol berlapis material baja anti karat (stainless steel) berjenis 316L yang hadir dalam tiga varian warna, yaitu hitam, biru, dan putih. 

Untuk kapasitas airnya sendiri, HAERS bisa mampu menampung air minum hingga 440 ml dan memiliki sertifikat anti air IPX7, yang diklaim bisa bertahan dalam rendaman air hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit. Itu berarti, pengguna tidak perlu ragu untuk mencuci botol pintar ini.

Selain itu, lapisan pelindung di dalam botol juga disebut bisa membunuh 99 persen bakteri di dalam air, dan temperatur air yang ada di dalam botol juga diklaim dapat terjaga hingga 12 jam ke depan.

Baca juga: Tinggalkan Intel dan AMD, Huawei Pakai Chip Sendiri untuk PC?

Di China, HAERSini dijual dengan harga 159 yuan atau sekitar Rp 357.00, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari NotebookCheck.net, Selasa (14/12/2021).

Tidak disebutkan apakah botol minum pintar Huawei ini bakal dipasarkan di luar wilayah "Negeri Tirai Bambu" atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com